Nusantara

Raih Berbagai Penghargaan, Bukti Nyata Capaian Kinerja KLHK

Kecil Besar
14px

JAKARTA (Waspada): Capaian kinerja positif Sekretariat Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Tahun 2022 terlihat dari berbagai torehan prestasi dan penghargaan yang telah diraih sepanjang tahun.

Dari kinerja pengelolaan keuangan negara, KLHK kembali berturut-turut selama enam tahun memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)  RI. Kali ini atas Laporan Keuangan KLHK Tahun 2021.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

IKLAN

KLHK juga mendapat penghargaan atas kinerja anggaran Tahun 2021 dengan predikat “sangat memuaskan”, dan pengelola Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) terbaik 2022 dari Kementerian Keuangan.

Begitupun dalam aspek nilai keterbukaan informasi publik.

Selama empat kali berturut-turut, KLHK memperoleh predikat sebagai badan publik Informatif dari Komisi Informasi Pusat.

“Predikat ini merupakan bukti nyata dalam mendukung tata kelola kepemerintahan yang baik (good governance),” ujar Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono, mengawali penjelasan mengenai kinerja Sekretariat Jenderal pada acara Refleksi Kinerja KLHK Tahun 2022, di Jakarta,, Jumat (30/12/2022) .

Prestasi lain yang ditorehkan KLHK yaitu peringkat pertama Indonesia Sustainable Development Goals (SDGs) Actions Awards kategori Kementerian/Lembaga; penghargaan berbagai sistem informasi sebagai sistem inovasi KLHK seperti SIPUHH, SIMONTANA, dan Sipongi; anugerah kearsipan dengan nilai sangat memuaskan dari Arsip Nasional RI; penghargaan Bhumandala Kanaka Medali Emas dari BIG untuk kategori Tata Kelola Geospasial K/L; dan penghargaan pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Tahun 2021 Kategori Eka Acalapati dari Kemenkumham.

Kemudian, KLHK berhasil meraih Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) berdasarkan penilaian dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). KLHK mendapatkan penilaian kategori baik dengan nilai 88.30 (delapan puluh delapan koma tiga puluh).

Penghargaan juga didapat KLHK atas penerapan kebijakan pengarusutamaan gender melalui alokasi atau penempatan ASN perempuan dalam Jabatan Tinggi Madya dan Pratama sebesar lebih dari 30 persen.

Keberhasilan pengarusutamaan gender di KLHK juga mendapat penghargaan dimana penyidik perempuan KLHK mendapat penghargaan Asia Environmental Enforcement Awards kategori Gender Leadership and Women’s Empowerment.

Hasil Kolaborasi Segenap Komponen KLHK

Bambang mengungkapkan keberhasilan yang telah diraih ini tentu merupakan hasil kolaborasi, koordinasi, dan kerja bersama segenap komponen KLHK.

Selain itu, tidak lepas juga dari dukungan, bimbingan, serta arahan dari Menteri LHK yang terus mendorong kinerja Sekretariat Jenderal.

“Adanya pembangunan sistem digitalisasi dalam birokrasi Kementerian LHK, dalam perwujudan Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin), juga merupakan bukti nyata adanya dukungan dari ibu Menteri LHK dalam mengawal perbaikan tata kelola di KLHK,” kata Bambang.

Dikemukakan Bambang, kenaikan pencapaian dalam mengimplementasi Reformasi Birokrasi juga telah berhasil diraih. Dengan melakukan monitoring dan mengevaluasi kinerja agen perubahan, integrasi sistem informasi, baik internal maupun eksternal.

Upaya lainnya ditempuh dengan membangun sarana konsultasi dan adanya pengawasan satu pintu serta penyesuaian SOP atas tindak lanjut peta proses bisnis baru.

Hal ini erat kaitannya dengan penyederhanaan birokrasi sebagai upaya dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

Tak hanya itu, Sekretariat Jenderal berhasil mencapai kenaikan dalam tingkat kepuasan stakeholder terhadap layanan Kementerian LHK yang bertransformasi menjadi institusi yang memberikan pelayanan berkualitas dan bersaing secara global.

“Sekretariat Jenderal berhasil meraih tingkat kepuasan yang semakin meningkat, dengan tingkat kepuasan internal sebanyak 4,02 poin dan tingkat kepuasan eksternal sebanyak 3,96 poin,” ujar Bambang saat menjelaskan terkait tingkat kepuasan stakeholder.

Menuju tahun 2023, Sekretariat Jenderal juga memiliki catatan penutup sebagai refleksi di tahun ini, dalam rangka menggerakkan roda birokrasi untuk mewujudkan transformasi ekonomi.

“Dalam menyongsong tahun mendatang, Sekretariat Jenderal akan terus menguatkan kolaborasi dan kerja sama dengan semua pihak. Kita juga akan meningkatkan kualitas layanan publik, serta menjadi birokrat yang lincah dan responsif terhadap perubahan,” ujar Bambang sekaligus sebagai penutup paparannya. (Rel/J05)

Update berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran favoritmu akses berita Waspada.id WhatsApp Channel dan Google News Pastikan Kamu sudah install aplikasi WhatsApp dan Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE