Potensi Seribu Gua Di Humbahas Nilai Tambah Danau Toba Menuju Wisata Dunia

  • Bagikan
Berry Barita Purba (kanan) salah seorang tokoh masyarakat perantau Humbahas di Jakarta bersama Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan.(kiri). (ist)

JAKARTA (Waspada): Potensi wisata alam Seribu Gua di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), akan menjadi salah satu faktor pendukung yang memberi nilai tambah bagi destinasi pariwisata kawasan Danau Toba menuju wisata dunia.

Untuk itu, dibutuhkan perhatian serius dari seluruh elemen masyarakat, khususnya pemerintah kabupaten Humbahas.

Salah satu yang harus diprioritaskan yakni pembangunan infrastruktur berupa jalan menuju ke obyek wisata Seribu gua itu, ujar salah seorang tokoh masyarakat perantau Humbang Hasundutan di Jakarta Berry Barita Purba, Rabu, (4/5/2022), di Jakarta.

Menurut Berry B Purba yang turut memimpin ekspedisi 1000 Gua, Banuarea Pakkat Humbahas, yang diberangkatkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno, menekankan akses jalan menuju wisata alam Seribu Gua yang baik, akan mempermudah wisatawan mengunjungi wisata alam Seribu Gua di Banuarea Pakkat itu.

Disamping itu Ketua Umum
Forum Peduli Demokrasi Humbang Hasundutan (FPDHH)  ini juga mengingatkan perlunya dirumuskan narasi yang baik untuk mempromosikan wisata alam Seribu Gua ini untuk menarik perhatian wisatawan berkunjung.

Guna merumuskan narasi yang baik dan lengkap, Barita Purba mengharapkan agar Pemerintah Kabupaten Humbahas berinisiatif memfasilitasi musyawarah yang melibatkan seluruh elemen masyarakat Humbahas, terutama para toloh adat maupun masyrakat yang tinggal disekitar wisata alam Seribu Gua itu.

Untuk mendapatkan masukan guna pengembangan wisata Seribu Gua dan sumber daya manusia sebagai pelaku wisata, Berry B Purba selalu aktif berdiskusi dengan berbagai pihak. Seperti saat bettemu dengan Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan saat hadir di Bukit Zaitun Siborong-borong Taput, bertepatan dengan acara vaksinasi bersama dan pameran ekonomi kreatif yang melibatkan BPODT, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Naposo Bulung HKBP .

Pada kesempatan itu
Nikson Nababan dan Barita Purba berdiskusi dengan
Nikson Nababan tentang peningkatan SDM serta peningkatan ekonomi masyarakat.

Barita Purba pun memperkenalkan wisata alam Seribu Gua, yang mempesona

Obyek wisata Seribu Gua, menurut riset yg dilakukan Tim Ekspedisi tambah Barita Purba, sangatlah potensial untuk dikembangkan sebagai salah satu penghasil devisa dari industri tanpa asap ino, dan diyakini juga akan meningkatkan sumber daya ekonomi masyarakat tanpa merusak lingkungan yang ada. (J05)

Berry Barita Purba (kanan)
salah seorang tokoh masyarakat perantau Humbahas di Jakarta bersama Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan.(kiri). (ist)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *