Waspada
Waspada » Polda Metro Sumbang 125 Kantong Darah Ke PMI
Nusantara

Polda Metro Sumbang 125 Kantong Darah Ke PMI

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana saat donor darah kegiatan Bhakti Kesehatan di TMC Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Jumat (17/4).Waspada/Hasriwal AS

JAKARTA (Waspada) : Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana bersama pejabat utama dan jajarannya menggelar kegiatan Bhakti Kesehatan donor darah untuk disumbangkan ke Palang Merah Indonesia (PMI) yang kekurangan stok darah ditengah wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Donor darah di lingkungan Satker dan Satwil Polda Metro Jaya berhasil mengumpulkan 125 kantong darah yang digelar di Aula TMC Direktorat Lantas Polda Metro Jaya, Jumat (17/4).

“Berdasarkan jumlah peserta yang mendaftar dan mengikuti donor darah pada hari Jumat 17 April 2020 dari pukul 08.00 sampai pukul 12.00 WIB, sebanyak 144,” kata Kapolda.

Menurut Jenderal bintang dua ini, dari jumlah 144 pendonor darah tersebut, hanya 125 yang dapat menyumbangkan darahnya. Sedangkan sisanya 19 orang tidak bisa mendonorkan darahnya, karena alasan kesehatan yang disebabkan HB tinggi/rendah dan Tensi darah tinggi/rendah.

“Dari 125 peserta pendonor darah, dirinci berdasarkan golongan darah sebagai berikut golongan darah A sebanyak 32 orang, golongan darah B sebanyak 38 orang, golongan darah AB sebanyak 12 orang dan golongan darah O sebanyak 43 orang,” ungkap mantan Kapolda Nusa Tenggara Barat itu.

Dikatakannya donor darah jajaran Polri dilakukan adanya permintaan PMI yang kekurangan stok darah. Permintaan itu ditindaklanjuti dengan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/1127/IV/Kep./2020 untuk merespon kekosongan stok darah PMI dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat.

Selain kegiatan donor darah, Kapolda dan jajarannya melakukan berbagai partisipasi membantu masyarakat Jakarta sejak diterapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan membagikan sembako dan membuat dapur umum untuk masyarakat terdampak virus corona.(j02)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2