Waspada
Waspada » Peran Perempuan Untuk Ketahanan Keluarga Cukup Besar
Nusantara

Peran Perempuan Untuk Ketahanan Keluarga Cukup Besar

Ketua Umum Kowani Dr.Ir. Giwo Rubianto, M.Pd ( Waspada/ist)

JAKARTA(Waspada): Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia(KOWANI) sekaligus Ketua Dewan Yayasan KOWANI Dr. Ir. Giwo Rubianto, M.Pd mengatakan bahwa di dalam anggota keluarga, perempuan adalah anggota keluarga yang mempunyai peranan penting dalam ketahanan keluarga. Sangatlah penting bagi perempuan untuk mengerti dan memiliki kesadaran akan perawatan diri sendiri seperti _self care_. _Self care_ adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu, keluarga, maupun masyarakat dengan tujuan meningkatkan kesehatan, mencegah penyakit, serta berdaya untuk memulihkan atau meningkatkan kesehatan diri sendiri serta anak serta keluarganya. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya rawat diri sebelum merawat orang lain atau keluarga.
Hal ini disampaikanya, dalam kegiatan Webinar,Keluarga Millennial Menuju SDM Unggul melalui aplikasi Zoom Meeting,Rabu(7/7).
Acara diselenggarakan kerjasama Kowani dan BKKBN, Yayasan Kesejahteraan Anak dan Remaja serta Pita Putih Indonesia dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-27.
Lebih lanjut Giwo Rubianto menyebutkan,semua perempuan Indonesia wajib menjadi ‘Ibu Bangsa’ yaitu adalah bagaimana sih menyiapkan generasi penerus, generasi yang unggul, generasi yang bertanggung jawab, nasionalis, kreatif, inovatif, dan berdaya saing, dan berwawasan kebangsaan yang sehat jasmani dan rohani.

Cerdas

Lebih lanjut disampaikan, Perempuan sebagai ‘Ibu Bangsa’ harus cerdas.
Pertama, cerdas kondratik, kita sebagai perempuan berkarir harus mengetahui kodrat kita sebagai wanita. Kedua, cerdas tradisi, tahu memilah tradisi itu adalah buatan manusia yang bias gender yang kadang-kadang yang merugikan perempuan. Ketiga, cerdas sosial pendidikan, tahu bagaimana cara membangun karakter, sosial ekonomi seperti koperasi, dan sosial lingkungan hidup.
Keempat, cerdas profesi, hak memilih profesi yang menjadi dambaan setiap orang. Perempuan sebagai anggota keluarga yang sangat mempunyai peran penting juga harus dapat berpikir secara _out of the box_. Dimana dapat menjadi agen perubahan yang inovatif dapat mengatasi permasalahan di masa depan maupun yang lebih beragam.

Sosialisasi
Hal lain disampaikan Giwo Rubianto, bahwa Kowani adalah organisasi yang selalu menyosialisasikan tentang pemberdayaan perempuan dalam rangka penyadaran masyarakat akan pengarusutamaan gender, agar perempuan dan warga masyarakat dapat melaksanakan fungsi dengan kesadaran sepenuh hati akan tujuan hidup baik untuk diri sendiri maupun untuk membangun ketahanan keluarga untuk terciptanya SDM yang berkualitas dan berdaya saing. Dimana SDM ini berasal dari keluarga hebat yang mempunyai ketahanan keluarga yang mumpuni, saling asah asih asuh di antara sesama anggota keluarga.(m22)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2