Waspada
Waspada » Pengurus Kaukus Perempuan Parlemen Indonesia Dilantik
Nusantara

Pengurus Kaukus Perempuan Parlemen Indonesia Dilantik

disampaikan Ketua DPR RI Puan Maharani (Waspada/Ist)

JAKARTA (Waspada): Peran perempuan dalam perpolitikan nasional terus meningkat. Setelah Megawati Soekarnoputri menjadi presiden RI perempuan pertama, disusul Puan Maharani terpilih sebagai perempuan pertama yang menjadi ketua DPR RI.

Di parlemen, perempuan yang menjadi anggota DPR terus bertambah dari 17 persen pada periode 2014-2019 menjadi 21 persen pada periode 2019-2024, termasuk makin banyaknya anggota perempuan yang menjabat pimpinan alat kelegkapan dewan.

Diharapkan tugas Kaukus Perempuan Parlemen Indonesia (KPP) bisa menjadikan kualitas politikus perempuan semakin meningkat sehingga jalan bagi perempuan untuk menempati posisi-posisi utama semakin lempang.

Hal itu disampaikan Ketua DPR RI Puan Maharani saat mengukuhkan pengurus baru Presidium Kaukus Perempuan Parlemen Republik Indonesia (KPP-RI) 2020-2024, Kamis, (23/7) di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta.

Kaukus Perempuan Parlemen 2020-2024 ini dipimpin Diah Pitaloka dari Fraksi PDIP sebagai Ketua Presidium menggantikan Ketua Presidium KPP RI periode 2015-2019 Gusti Kanjeng Ratu Hemas.

Puan menekankan peran strategis KPP pada isu keterlibatan perempuan dalam proses pembangunan nasional.

“Ada harapan yang diletakkan oleh para perempuan Indonesia di pundak KPP yang harus diwujudkan secara maksimal menjalankan tugas konstitusional sebagai anggota parlemen Indonesia melalui fungsi legislasi, fungsi pengawasan dan fungsi anggaran,” urai politikus PDIP itu.

Menurut Puan, salah satu yang harus segera dilakukan oleh KPP adalah penguatan regulasi nasional untuk menjamin peran perempuan serta membangun kerjasama antar berbagai kelompok dan negara untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi peran perempuan.

“Disinilah pentingnya peran KPP untuk mengabdi khususnya bagi perempuan agar bisa tampil di kancah politik,” pungkas Puan. (irw)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2