Kantor PDIP Di Aceh Diresmikan

  • Bagikan
Megawati Soekarnoputi resmikan Prasasti Taman UMKM Bung Karno dan 16 Kantor Partai secara daring, Kamis (28/10/2021) di Jakarta. (ist)

JAKARTA (Waspada): Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang dibarengi dengan peresmian kantor DPD dan Empat Kantor DPC PDI Perjuangan (PDIP) di Aceh membawa semangat ekstra bagi para kader partai di ujung barat Nusantara. 

“Alhamdulillah hari ini DPC PDI Perjuangan Provinsi Aceh dan telah mempunyai kantor di bentengnya Banda Aceh yang kokoh, bisa ditingkatkan menjadi rumah partai, menjadi kewibawaan partai di Banda Aceh,” kata Tjahjo Kumolo, mantan Sekjen PDIP yang disebut juga “Sekjen Senior”, yang hadir langsung di Aceh dalam peresmian secara daring, sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda, Kamis (28/10/2021).

Tjahjo Kumolo didampingi  Ketua DPD PDIP Nusyirwan Soedjono bersama dua anggota DPR Paryono dan M Nabil Haroen 

Tjahjo mengatakan, peresmian kantor partai PDI Perjuangan di Aceh ini adalah perwujudan arahan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri bahwa partai berlambang kepala banteng itu harus tetap ada sepanjang NKRI ada. 

“Salah satu kekuatan partai adalah harus punya kantor partai, rumah partai, dan rumah rakyat,” tandas Tjahjo. 

Pada kesempatan itu, Ketua DPD PDIP Aceh Muslahuddin Daud menegaskan bahwa  pembangunan kantor partai di Provinsi Aceh Ini adalah wujud implementasi gotong royong yang sering dikumandangkan oleh Bung Karno untuk seluruh rakyat Indonesia. 

“Kami seluruh kader dan pengurus partai akan memakai kantor ini untuk memaksimalkan konsolidasi, dan berupaya sekuat tenaga untuk menjadi bagian penting dalam proses demokratisasi di Aceh,” kata Muslehuddin. 

Dia sangat berterimakasih karena dengan kantor yang megah ini, mudah-mudahan gerak langkah PDI perjuangan di Aceh mendapat ridho Allah SWT dalam mewujudkan cita-cita bersama mensejahterakan rakyat. 

“Terima Kasih Ibu Ketua Umum Hj Megawati yang memberikan perhatian sangat besar kepada Aceh di periode ini,” tandas Muslahuddin.

Terpisah, Ketua DPP PDIP Tri Rismaharini melakukan peletakan baru pertama (Groundbreaking) pembangunan kantor di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Tri Rismaharini menyebut lokasi kantor ini menampilkan wajah partai yang konsisten terhadap kelestarian dan keindahan alam, sekaligus mewujudkan heterogenitas Indonesia. Acara ini 

Hal ini disampaikan Tri Rismaharini yang hadir langsung di Kaltara dalam acara yang dilaksanakan melalui daring secara nasional. Turut mendampingi Tri Rismaharini,  Anggota DPR RI Fraksi PDIP Deddy Yevri Sitorus. 

“Kantor PDIap di Kaltara ini berada di tempat yang sangat indah, di belakang terlihat ada pegunungan yang cantik, masih terselimuti dengan hutan yang bagus dan indah. Karena itu hawanya sangat sejuk,” ujar Risma–sapaan akrabnya yang juga Menteri Sosial itu. 

Risma menyebut kelebihan lain dari kantor PDIP di Kaltara ini adalah manfaatnya bagi rakyat Kaltara yang sangat heterogen. PDIP akan semakin dekat dengan seluruh warga Kaltara yang sebagian besar merupakan wilayah transmigrasi. 

“Selain berbatasan dengan Malaysia, Kaltara juga menggambarkan seluruh suku bangsa Indonesia karena menjadi wilayah transmigrasi.” 

“Di sini juga anak-anak mudanya banyak sekali, kader PDI Perjuangan anak-anak muda di Kaltara sangat banyak bahkan remaja,” ujar Risma. 

Kantor DPD PDIP Kaltara ini luasnya 2.000 meter persegi danbangunan 4.500 meter persegi, dengan empat lantai dan rencananya akan memakan biaya sebesar Rp 18 miliar. 

Untuk diketahui, bertepatan dengan Peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri memimpin peresmian dan penandatanganan Prasasti Taman UMKM Bung Karno dan 16 kantor partai di seluruh Indonesia. 

Acara itu dilaksanakan secara offline dan daring dari berbagai daerah. Megawati menandatangani prasasti dari kediamannya di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Jumat (28/10/2021). Dia ditemani oleh Pramono Anung Wibowo, seorang “Sekjen Senior’ bagi PDIP. 

Sementara Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengikuti acara dari kantor pusat partai di Jalan Diponegoro. Di sana Hasto ditemani Wasekjen Sadarestuwati dan Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga dan Wiryanti Sukamdani. 

“Sekjen Senior” PDIP lainnya, Tjahjo Kumolo, memimpin proses peresmian di Provinsi Aceh. Di sana, Tjahjo ditemani Ketua DPD PDIP Nusyirwan Soedjono bersama dua anggota DPR Paryono dan M Nabil Haroen. 

Di Tangerang, Ketua DPP PDIP Ribka Tjiptaning memimpin peresmian. Elva Hartati memimpin peresmian taman dan patung Bung Karno di Lampung. 

Seluruh Ketua DPP PDIP lainnya seperti Prananda Prabowo, Puan Maharani, Bambang Wuryanto, Ahmad Basarah, Sukur Nababan, hadir bersama ratusan pengurus partai daerah dan kepala/wakil kepala daerah dari seluruh Indonesia. Mereka mengikutinya secara virtual melalui aplikasi Zoom. Acara ditayangkan di akun resmi PDIP di Youtube dan Facebook agar seluruh kader serta masyarakat umum bisa mengikutinya. (irw)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *