Waspada
Waspada » Paslon Pilkada Suarakan Protokol Kesehatan
Nusantara

Paslon Pilkada Suarakan Protokol Kesehatan

JAKARTA (Waspada): Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa mendorong seluruh pihak khususnya pasangan calon kepala daerah (Cakada) di Pilkada Serentak 2020 menjadi pihak yang paling menyuarakan protokol kesehatan. Menurut Saan jangan sampai menambah banyak jumlah penduduk terpapar Covid-19 pada pelaksanaan Pilkada Serentak. 

“Komisi II mengapresiasi deklarasi protokol kesehatan yang dilakukan bapaslon di daerah manapun. Pasalnya kesadaran terhadap protokol ini harus dimiliki seluruh pihak terutama peserta pilkada,” kata Saan Mustopa kepada wartawan di Jakarta, Selasa (15/9).

Saan mengatakan, sejatinya Pilkada 2020 harus menghasilkan mutu yang lebih baik dari sisi partisipasi publik, jaminan terhadap hak-hak pemilih dan standar demokrasi lainnya. Terlebih, Piilkada Serentak kali ini berlangsung di tengah pandemi.  

“Pilkada di tengah pandemi harus tetap aman bagi peserta dan terkhusus masyarakat. Maka tahapan pilkada yang sudah dan akan dijalankan harus mengusung protokol kesehatan supaya pilkada tidak menjadi klaster baru virus korona,” kata Politikus Partai NasDem itu.

Ditegaskan Saan bahwa Komisi II DPR akan terus mengawal penerapan protokol kesehatan pada seluruh tahapan pilkada. 

 “Atas dasar itulah Komisi II DPR berencana akan menggelar blusukan ke sejumlah daerah untuk memantau langsung pelaksanaan pilkada,” kata Saan yang juga Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat itu.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto meminta seluruh pihak yang bertarung di Pilkada Serentak 2020 wajib menjalankan agenda konstitusional ini dengan protokol kesehatan.

“Mengingat pilkada serentak sudah beberapa kali ditunda dan kita sudah berkomitmen tanggal 9 Desember, sikap dari PDIP adalah pilkada tetap tanggal 9 Desember. Hanya saja seluruh ketentuan protokol pencegahan Covid-19 harus dijalankan,” kata Hasto. (irw)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2