Notaris Harus Tekankan Sikap Tanggung Jawab Dan Etika

  • Bagikan

JAMBI (Waspada): Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manuasia (Kemenkumham) Provinsi Jambi, Mhd. Jahari Sitepu meminta para notaris harus menekankan sikap tanggung jawab dan etika dalam bertugas.

Hal tersebut disampaikan Jahari saat melantik dan mengambil sumpah 41 notaris se-wilayah Provinsi Jambi di Aula Pengayoman Kanwil Kemenkumham Jambi, Senin (29/11).

Jahari menyebutkan, sebagai instansi yang menaungi seluruh notaris di Indonesia, Kemekumham RI menjadi salah satu lembaga Kementerian yang ditunjuk atau mewakili pemerintah pusat untuk mengurusi segala hal yang berkaitan dengan notaris.

‘’Saat ini ada 41 orang yang dilantik serta diambil sumpahnya. Sampai sejauh ini jumlah keseluruhan notaris yang tersebar di Kabupaten/Kota di dalam Wilayah Provinsi Jambi sebanyak 224 orang,’’ sebut Jahari.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan notaris tersebut, Jahari didampingi Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Parsaoran Simaibang, hadir para saksi, rohaniawan, serta para tamu undangan.

Selanjutnya, Jahari menekankan notaris yang baru dilantik dapat memahami bahwa seorang notaris itu didalam menjalankan tugas jabatannya penuh penghayatan dan rasa tanggung jawab yang tinggi.

‘’Sekalipun telah memiliki keterampilan hukum yang cukup, akan tetapi bila tidak dilandasi tanggung jawab dan penghayatan terhadap keluhuran dari martabat jabatannya serta nilai-nilai etika yang ada, maka mustahil akan terwujud apa yang diharapkan dalam menjalankan tugas jabatannya, sebagai mana yang di kehendaki oleh hukum dalam rangkan terwujudnya kepastian hukum masyarakat,’’ ucap Jahari.

Pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan notaris tersebut berjalan dengan baik dan lancar, serta tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.(m29)

Waspada/Ist
Kakanwil Kemenkumham Jambi, Mhd. Jahari Sitepu menyaksikan penandatanganan jabatan notaris yang baru dilantik dan diambil sumpahnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *