JAKARTA (Waspada): Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia terus memperkuat komitmennya sebagai national flight carrier dalam memperkenalkan berbagai ciri khas dan ragam kekayaan nusantara khususnya keragaman kuliner Indonesia di berbagai penerbangan yang dilayaninya.
Komitmen tersebut salah satunya turut direpresentasikan Garuda Indonesia dengan memperkenalkan ragam menu pilihan baru khusus nusantara pada program bertajuk “Garuda Rasa” yang merupakan wujud komitmen berkelanjutan perusahaan untuk memperkenalkan menu kuliner khas berbagai daerah dari Aceh sampai Papua.
Terdapat 3 program dalam Garuda Rasa ini yaitu, signature Indonesian dish (hidangan nusantara), thematic local dish (hidangan khas daerah), dan local snack (kudapan nusantara), yang nantinya akan disesuaikan dengan rute dan durasi penerbangan.
Adapun signature Indonesian dish yang secara bertahap mulai diperkenalkan adalah menu khas Sumatera, Bali dan Jawa pada rute Jakarta-Singapura dan Jakarta-Denpasar.
Salah satu menu baru inflight meals yang juga turut diperkenalkan pada rute Jakarta-Amsterdam pp di business class adalah nasi kapau, yang mulai disajikan pada penumpang penerbangan GA 88 rute Jakarta-Amsterdam Minggu 23 Juni 2024.
Lebih lanjut pilihan menu nasi padang juga turut dihadirkan pada penerbangan kembali dari Amsterdam menuju Jakarta melalui penerbangan GA 89. Ke depannya ragam menu khas nusantara ini juga akan turut diperkenalkan pada beberapa rute internasional lainnya.
Wujud Komitmen
Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra yang dikonfirmasi Waspada, Sabtu (06/07/2024) menyatakan bahwa program “Garuda Rasa”tersebut merupakan wujud komitmen Garuda Indonesia sebagai national flight carrier dalam mendukung pengembangan kuliner khas nasional dengan memperkenalkan berbagai makanan daerah dalam penerbangan Garuda Indonesia baik pada penerbangan domestik maupun internasional.
“Merupakan komitmen berkelanjutan bagi kami di Garuda Indonesia sebagai national flag carrier tidak hanya dalam menyediakan layanan transportasi udara yang aman dan nyaman untuk para pengguna jasa, melainkan juga turut membawa berbagai ciri khas terbaik bangsa Indonesia sebagai bangsa yang kaya akan kebudayaan,pariwisata, kuliner, hingga produk-produk kreatif,” jelas Irfan.
Lebih lanjut nantinya melalui program “Garuda Rasa” tersebut, Garuda Indonesia juga akan memperkenalkan thematic local dish Aceh dan Sumatera Utara pada penerbangan dari dan menuju Banda Aceh dan Medan khususnya dalam menyambut pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) pada September mendatang.
Sementara itu ,untuk sajian local snack rencananya akan dihadirkan pada rute Jakarta-Solo pp di business class dengan menu-menu khas kudapan nusantara. (a13)