Waspada
Waspada » Milenial, Kata Terpopuler 2019 Versi Badan Bahasa
Nusantara

Milenial, Kata Terpopuler 2019 Versi Badan Bahasa

JAKARTA (Waspada): Milenial menjadi kata paling populer pada pencarian di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dalam jaringan (daring) sepanjang 2019. Untuk itu Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Kemendikbud memilih kata milenial sebagai Kata Tahun Ini (KTI).

Pelaksana Tugas Badan Bahasa, Dadang Sunendar mengatakan, penetapan KTI yang baru pertama dilakukan tahun ini bertujuan menyampaikan kemajuan bahasa yang paling popular sepanjang tahun.

“Kami merasa KTI ini sesuatu yang harus dilaporkan kepada masyarakat. KTI juga menjadi cerminan literasi dan potret fenomena sosial yang terjadi kaitannya dengan bahasa,” kata Dadang dalam jumpa media di Jakarta, Senin (6/1).

Kata milenial memiliki dua makna. Pertama, berkaitan dengan milenium. Kedua, berkaitan dengan generasi yang lahir diantara 1980-an dan 2000-an. Baik dari makna pertama maupun makna kedua, Dadang menyebut bahwa kata milenial berfungsi sebagai kata sifat.

Penetapan kata milenial sebagai KTI 2019 tidak hanya berdasarkan pencarian KBBI Daring paling populer, tapi juga merujuk pada penggunaannya yang masif di seluruh wilayah oleh berbagai kalangan. Mulai dari pejabat hingga masyarakat umum.

“Intinya kata milenial ini memiliki keluasan distribusi penggunaan yang merata di seluruh Indonesia,” kata Dadang.

Di sisi lain, kepopuleran kata milenial mencerminkan munculnya generasi baru dalam teknologi informasi antara era ’80-an sampai ’20-an. Saat itu muncul babak baru dalam penyebutan generasi yang dikaitkan dengan kemampuannya dalam penguasaan dan penggunaan teknologi informasi, seperti komputer, internet dan ponsel dengan pengembangan varian aplikasinya.

“Kata milenial ini sesungguhnya mewakili perubahan sosial dan kultural di masyarakat,” tandas Dadang.

Selain milenial, kata-kata yang paling sering dicari lewat mesin pencari google adalah aktivitas, analisis, daring, efektif, izin, kerja sama, literasi, memengaruhi, objek, praktik, resiko, risiko, sistem dan survey.

Rencananya sepanjang 2020 akan kembali dilakukan penilaian kata terpopuler. Masyarakat dan media massa dapat berperan aktif mengusulkan kata terpopuler sampai Oktober tahun ini. (dianw/B).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2