Megawati Lantik Pengurus PDIP Di 11 Negara 

  • Bagikan
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mewakili Ketua Umum Megawati Soekarnoputri melantik dewan perwakilan luar negeri di 11 negara. (Ist)

JAKARTA (Waspada): Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri ikut menghadiri secara daring pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Luar Negeri (DPLN) partai yang berada di 11 negara. Hal ini dilakukan sebagai langkah konsolidasi PDIP dalam menyongsong tahun Pemilu dan menjadikan para pengurus tersebut menjadi diplomat bagi bangsa dan negara. 

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto bersama Ketua DPP  bidang Luar Negeri Ahmad Basarah, mengikutinya di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (4/12/2021). 

Sejumlah Ketua DPP yaitu Djarot Saiful Hidayat, Rudianto Tjen, Sukur H Nababan, Yanti Sukamdani dan Eriko Sotarduga mengikuti prosesi pelantikan secara daring. 

Dalam laporannya, Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah menyampaikan pengurus Dewan Perwakilan Luar Negeri (DPLN) yang dilantik pada 11 negara itu yakni: Hongkong (19 pengurus), Malaysia (19 pengurus), Taiwan (11 pengurus), Brunei Darussalam (19 pengurus), Jepang (11 pengurus), Australia (17 pengurus), Saudi Arabia ( 13 pengurus), Perancis-Belgia (17 pengurus), Belanda (15 pengurus), Jerman (13 pengurus) dan Mesir (15 pengurus). 

“Pelantikan DPLN PDIP ini bukanlah akhir melainkan awal bagi kerja-kerja kepartaian yang sudah menanti menjelang tahun Pemilu. Pelantikan ini juga merupakan pengakuan DPLN sebagai pengurus partai dan memanfaatkan kepercayaan partai dan ketua umum PDIP ini melalui jiwa pengabdian yang tulus demi kejayaan Partai, Bangsa dan Negara,” ujar Basarah. 

Basarah yang juga Wakil Ketua MPR RI mengatakan usai pelantikan hari ini langsung digelar acara kaderisasi bagi para pengurus DPLN. 

“Kami meyakini acara kaderisasi ini akan membuat pengurus DPLN Partai mendapat bekal yang cukup memadai untuk mengenal dan menghayati keberadaannya bergabung dalam wadah PDIP,” kata Basarah. 

Ia menyebutkan bahwa DPLN PDIP merupakan ujung tombak diplomasi Partai di luar negeri. Sebab itu. setiap kader Partai di luar negeri dituntut menjadi diplomat bagi bangsa dan negara. 

“Setiap kader partai di luar negeri selayaknya memegang prinsip keutamaan perjuangan diplomasi partai yakni kepentingan nasional, keselamatan warga negara dan kemanusiaan,” tuturnya.

Basarah mengatakan ada dua DPLN yang sedang pemantapan untuk dilantik. Yakni DPLN Amerika Serikat dan Inggris Raya. Selain itu ada juga calon DPLN di Tunisia, Meksiko, Singapura, Italia dan Uni Emirat Arab. 

“Semoga segera dapat dilantik awal tahun depan sehingga akan memiliki sejumlah 18 DPLN guna memerkuat jajaran DPLN partai,” lanjut Basarah. 

Usai laporan Basarah, Hasto  Kristiyanto lalu maju mengambil sumpah para pengurus DPLN tersebut mewakili Megawati. 

“Apakah saudara-saudara sekalian bersedia untuk dilantik sebagai DPLN PDIP?” tanya Hasto. 

“Bersedia,” jawab para pengurus yang dilantik serempak. 

“Terima kasih. Karena itulah dengan hikmat saudara-saudara sekalian dengan penuh kesungguhan, dengan penuh dedikasi dan membatinkan seluruh tekad juang saudara sekalian, untuk mengabdi pada bangsa dan negara, kepada rakyat indonesia untuk melanjutkan seluruh ide, cita-cita perjuangan, serta seluruh gagasan Bung Karno dengan mengucapkan janji jabatan,” lanjut Hasto. 

Janji jabatan pun dibacakan Hasto dan diikuti oleh para pengurus DPLN yang dilantik tersebut. 

“Saudara-saudara secara resmi menjadi Dewan Pimpinan Luar Negeri PDI Perjuangan. DPP PDI Perjuangan mengucapkan selamat dan teruslah berjuang dengan seluruh keyakinan politik kita berdasarkan Ideologi pancasila, berjuang tanpa mengenal lelah, dengan penuh semangat, penuh dedikasi bagi bangsa dan negara Indonesia. Merdeka,” pungkas Hasto. 

Acara pelantikan lalu dilanjutkan dengan pendidikan kader pratama bagi para pengurus DPLN. Basarah, Djarot, dan Eriko akan menjadi pemateri. (irw)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *