Waspada
Waspada » Komunikolog Usulkan Pelayanan “Jemput Bola”
Nusantara

Komunikolog Usulkan Pelayanan “Jemput Bola”

Emrus Sihombing (Ist)

JAKARTA (Waspada): Komunikolog Indonesia Emrus Sihombing
mengatakan akibat pandemi, negeri ini menghadapi multi dan dimensi persoalan.

Untuk dapat membatu dan atau meringankan beban masyarakat, Emrus Sihombing mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo agar semua kementerian, lembaga, dan dinas-dinas Pemerintah Daerah, (Pemda), melakukan perubahan paradigma dan tindakan dari pelayanan satu pintu, menjadi pelayanan “jemput bola”.

Jika ini dilakukan dipastikan dapat membantu masyarakat mengatasi berbagai persoalan sebagai dampak pandemi, kata Emrus Sihombing dalam keterangan tertulisnya yang dikirim ke Waspada, Minggu (21/2) di Jakarta .
Salah satunya, tambah Emrus Sihombing sudah tidak sedikit masyarakat kehilangan pekerjaan dan atau penghasilan sebagai dampak pandemi.

Dengan kemajuan teknologi komunikasi di semua bidang, paparnya, pengoperasian birokrasi di kantor cukup 40 persen dari total Pengawai Negeri sipil (PNS). Sementara yang 60 persen lainnya ditugaskan “jemput bola” pelayanan publik ke tengah masyarakat.

Ini sekaligus bukti empati aparat birokrasi kepada masyarakat, urainya,

Bisakah ini terjadi? Pasti bisa, kata Emrus Sihombing, tetapi jika pimpinan instansi di semua bidang dan tingkatan memiliki kemauan dan tugas pelayan publik sebagai calling.

Untuk itu, menurut Emrus Sihombing diperlukan komunikasi pelayanan ketulusan.

Kita harus “move on”, dari pelayanan prima yang cenderung berdasarkan rasionalitas, pencitraan dan kepalsuan ke pelayanan ketulusan (pakai hati), pungkas Emrus Sihombing (J05)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2