Waspada
Waspada » Jamaah Umrah Indonesia Rombongan Ketiga Siap Berangkat
Nusantara

Jamaah Umrah Indonesia Rombongan Ketiga Siap Berangkat

Jamaah umrah dari Jakarta yang berangkat Senin (11/1) saat menjalani tes PCR sebelum berangkat. (Foto: ist)

JAKARTA (Waspada):  Jamaah umrah asal Indonesia dipastikan kembali berangkat menuju Arab Saudi pada Senin (11/1, hari ini-red), dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia.

“Tapi jumlah jamaah ada berapa, belum teridentifikasi,” ujar Kepala Bidang Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI), Zaky Zakaria Anshary dalam pesan singkat yang dikirim ke media, Minggu (10/1).

Dia juga menginfokan, pada Minggu (10/1) diberangkat Group Umrah starting Jakarta dengan Saudia Airlines, namun jumlah jamaah belum diindentifikasi.

“Tapi pada 9 Januari 2021 penerbangan umrah perdana dari Surabaya dengan Lion Air sebanyak 106 jamaah, landing Jeddah dan group langsung menuju Madinah,” imbuh Zaky.

Para  jamaah berangkat dengan regulasi karantina di Saudi selama 3 hari, setelah di Tanah Air melaksanakan tes PCR. Sementara syarat usia tetap antara 18 sampai 51 tahun.

Untuk biaya umrah, Zaki mengatakan pihaknya menaati peraturan yang ditetapkan Kementerian Agama, yakni mengacu pada standard pelayanan minimal masa pandemi yakni Rp26 juta. Hal itu ditetapkan lewat  KMA Nomor 777 tertanggal 16 Desember 2020 yang ditandatangani Menteri Agama Fachrul Razi.

Seperti diketahui,  Bandara Saudi ditutup mulai 21 Des 2020 sehingga rombongan umrah yang sudah dijadwalkan berangkat pada 21-31 Des 2020 tertunda. Penerbangan umrah yang batal berangkat baik dengan maskapai Saudia, Garuda, Citilink  dan Batik, sampai saat ini belum dapat disebutkan jumlahnya.

Di sisi lain, untuk mengantisipasi penularan virus Corona yang lebih ganas, Pemerintah Indonesia juga melarang WNA masuk ke Indonesia terhitung 1-14 Jan 2021. Akibatnya banyak penerbangan umrah dan non umrah belum mau masuk ke Indonesia.

Tapi pada 3 Januari 2021, Kerajaan Arab Saudi membuka penerbangan Internasional dan memberikan izin warga non Saudi melakukan penerbangan keluar Saudi.

Pada 8 Jan 2021 Kerajaan Saudi mengumumkan khusus penduduk saudi tidak diperkenankan keluar Saudi sampai  31 maret 2021 ( kecuali  hal-hal tertentu) dan penerbangan umrah pun diperbolehkan.

Jaenab, salah satu calon jamaah umrah asal Kabupaten Bogor mengaku senang dengan sudah berangkatnya sejumlah rombongan umrah. Dia berharap saat tiba gilirannya, kesempatan berangkat umrah masih terbuka lebar.

“Saya berdoa semoga Covid segera teratasi, supaya ada keleluasaan beribadah haji dan umrah,” ujarnya. (J02)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2