Waspada
Waspada » Ini Respon Isu Aktual Ketua MPR RI
Nusantara

Ini Respon Isu Aktual Ketua MPR RI

Ketua MPR R I Bambang Soesatyo( Waspada/dok)

JAKARTA ( Waspada) Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung Instruksi Presiden terkait skema pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama, (SMP) dan Sekolah Menengah Atas(SMA), harus melalui kajian, kehati-hatian serta keputusan yang cermat guna mencegah serangan virus Covid-19 tahap kedua yang berpotensi menyasar anak-anak usia sekolah mengingat keselamatan dan kesehatan mereka harus menjadi prioritas.

Hal ini disampaikannya dalam relisnya kepada wartawan, Selasa (9/6) di Jakarta sebagai respon data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) per 30 Mei 2020, yang menyebutkan terdapat 1.851 kasus positif Covid-19 pada usia anak.

Ketua MPR juga mengimbau agar orang tua murid dapat membimbing putra putrinya dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh (sekolah dirumah), serta mencontohkan kepada mereka bagaimana memahami protocol kesehatan dimasa transisi menuju new normal, agar apa yang dibutuhkan anak seperti kasih sayang, kelekatan, keselamatan, dan kesejahteraan masih tetap dapat mereka rasakan dalam kondisi saat ini.

Ketua MPR pun mendorong pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengimbau kepada pihak sekolah jika memang harus memulai belajar mengajar secara tatap muka, maka pihak sekolah harus menyiapkan sarana dan prasarana untuk menghadapi penyebaran covid 19 sesuai protocol kesehatan, guna melindungi anak dari terinfeksinya virus tersebut, mengingat usia anak sangat rentan tertular Covid-19.

Pada bagian lain Ketua MPR mendorong pemerintah pusat dan pemerintah daerah tetap memperhitungkan dan memperhatikan situasi dan kondisi di setiap wilayah pasca berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) atau masa transisi, dan terus memantau situasi tersebut, sehingga ke depannya dapat dilakukan penyesuaian, apakah era new normal dapat efektif dan disiplin diterapkan, atau tidak.

Masyarakat disiplin juga diimbau menerapkan protokol covid-19 dalam bekerja, seperti menggunakan masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak satu dengan yang lainnya, serta mengikuti ketentuan tambahan lainnya yang diterapkan oleh masing-masing instansi atau tempat kerja.

Sarana transportasi yang digunakan masyarakat menuju kantor atau tempat kerja juga harus menjadi perhatian , sehingga pemerintah perlu memastikan penerapan protokol covid-19 yang disiplin di berbagai sarana transportasi maupun tempat menunggu transportasi, seperti stasiun maupun halte.

Diharapkan kantor-kantor pemerintah maupun swasta untuk memprioritaskan keselamatan dan kesehatan setiap pegawai, dikarenakan pegawai, termasuk ASN, bekerja dalam garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat ( j05).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2