Waspada
Waspada » Ini alasan BPD Ardindo Somasi Kadin Jakarta
Nusantara

Ini alasan BPD Ardindo Somasi Kadin Jakarta

Ketua Umum BPD Ardindo DKI Jakarta, Oster P Rumbo (Waspada/Ist)

JAKARTA (Waspada) Ketua Umum Badan Pengurus Daerah Asosiasi Perusahaan Perdagangan Barang, Distribusi, Keagenan, Dan Industri Indonesia (BPD Ardindo) DKI Jakarta Oster P Rumbo mengatakan melalui kuasa hukumnya Andi Rolan Hasibuan,SH dan Advent Roy, SH dari kantor Advokat & Konsultan Hukum A.R & Partner melayangkan somasi ke Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi DKI Jakarta.

Adapun somasi itu dilayangkan , menurut Oster P Rumbo, Jumat (23/10), berkaitan dengan kebijakan Kadin DKI Jakarta yang dinilai sepihak dan sewenang-wenang tanpa melalui teguran, peringatan ataupun klarifikasi terkait dengan dihentikannya Dana Pembinaan dari Badan Sertifikasi Kadin DKI Jakarat tanpa alasan dan dasar hukum yang jelas. Selain itu dialihkannya Bidang / Sub Bidang yang menjadi Hak BPD Ardindo DKI Jakarta ke dalam Bidang/Sub Bidang Non Assosiasi tanpa ada alasan dan dasar hukum yang jelas.

Hal yang lebih fatal lagi yang dilakukan Kadin DKI Jakarta yakni dikeluarkannya Kartu Tanda Anggota Luar Biasa Ardindo DKI Jakarta tertanggal 13 Agustus 2020 yang mencantumkan nama Drs Ezul Jaunir, MBA sebagai Ketua Umum BPD Ardindo Indonesia Provinsi DKI Jakarta, pada hal, sejak tanggal 3 Juli 2020 Ketua Umum BPD Ardindo Provinsi DKI Jakarta Indonesia adalah Oster P Rumbo, B.Sc, sebagaimana SK BPP Ardin Indonesia dengan Nomor: 012/Skep/BPP/VII/2020 tertanggal 03 Juli 2020 dan telah diberitahukan secara resmi kepada Kadin DKI Jakarta dengan Surat Nomor: 002/KU/ARDIN IND/DKI/VII/2020 tertanggal 24 Juli 2020.

Dalam somasi itu disebutkan BPD Ardindo DKI Jakarta adalah Anggota Luar Biasa Kamar Dagang dan Industri Provinsi DKI Jakarta dengan No KTA 20201-80000045/21-4-1980 dan salah satu Assosiasi pendiri Badan Sertifikasi Kadin DKI Jakarta dengan Bidang/Sub Bidang sebagaimana yang telah ditetapkan dalam pembagian Bidang/Sub bidang sebagaimana surat keputusan Kadin DKI Jakarta No 003 Tahun 2013 tertanggal 26 Pebruari 2013. Bahwa sejak menjadi anggota Badan Sertifikasi Kadin DKI Jakarta, BPD Ardindo DKI Jakarta mendapatkan dana pembinaan setiap bulannya.Namun, sejak bulan Juli 2020 tanpa ada pemberitahuan, teguran ataupun klarifikasi, secara sepihak Kadin DKI Jakarta telah menghentikan dana pembinaan dari Badan Sertifikasi Kadin DKI Jakarta tanpa alasan dan dasar hukum yang jelas.

BPD Ardindo DKI Jakarta,juga tidak lagi menandatangai sertifikat yang diterbitkan Badan Sertifikasi Kadin DKI Jakarta tanpa dasar hukum dan alasan yang jelas dan Bidang/Sub Bidang yang menjadi hak BPD Ardindo DKI Jakarta juga telah dihilangkan dan dimasukkan ke dalam Bidang/Sub Bidang Non Assosiasi tanpa ada alasan dan dasar hukum yang jelas, urai Andi Rolan Hasibuah, SH dalam surat somasi yang dilayangkan Tanggal 16 Oktober 2020.

Untuk itu, BPD Ardindo DKI Jakarta, melalui kuasa hukumnya mensomer Kadin DKI Jakarta, Up Ketua Umum Ibu Diana Dewi untuk membuktikan apa dasar hukumnya Kadin DKI Jakarta menahan dana pembinaan yang menjadi hak BPD Ardindo DKI Jakarta, serta menghapus Bidang/ Sub Bidang di Badan Sertifikasi Kadin dan mengalihkannya menjadi Non Assosiasi serta Menerbitkan Kartu Tanda Anggota Luar Biasa Ardindo dengan saudara Drs Erzul Jaunir MBA sebagai Ketua umumnya.

Kuasa hukum BPD Ardindo DKI Jakarta memberikan waktu satu minggu kepada Kadin DKI Jakarta sejak tanggal somasi dilayangkan .

Apa bila sampai waktunya, apa yang menjadi hak BPD Ardindo DKI Jakarta tidak dikembalikan dan Kadin DKI Jakarta tidak dapat membuktikan dasar hukumnya, maka BPD Ardindo DKI Jakarta akan melakukan gugatan perbuatan melawan hukum dan penyalahgunaan wewenang, baik secara perdata maupun pidana.
Oster P Rumbo pun menegaskan bahwa kepengurusan BPD Ardindo DKI Jakarta tidak benar dualisme, sebab BPD Ardindo DKI Jakarta yang sah hanya satu yakni BPD Ardindo DKI Jakarta dibawah kepemimpinannya, sesuai SK BPP ARDIN Indonesia nomor 012/Skep/BPP/VlI/2020 tertanggal 3 Juli 2020. (J05)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2