Gerakan Merawat Pertiwi, Kado Ultah Megawati

  • Bagikan
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto saat menanam pohon mangrove di Kawasan Banyuwedang, Kabupaten Buleleng, Minggu (23/1/2022) (ist)

BALI (Waspada): Merayakan HUT Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati  Soekarnoputri ke-75, Minggu (23/01/2022) seluruh kader menggelar kegiatan penanaman pohon dan penghijauan secara serentak se-Indonesia. Aksi itu dilakukan sebagai kado kepada Presiden Kelima RI itu.

“Dalam HUT ini, seluruh anggota dan kader partai memberikan hadiah ulang tahun berupa gerakan merawat pertiwi, suatu gerak merawat lingkungan, membersihkan sungai, menanam pohon  dan menjadikan lingkungan hidup semakin asri. Gerakan ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia, termasuk di Bali dengan menanam pohon mangrove dan cemara udang,” kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di sela-sela penanaman pohon mangrove di Kawasan Banyuwedang, Kabupaten Buleleng, Minggu (23/1/2022)

Hasto menjelaskan bahwa  Megawati Soekarnoputri lahir di Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, 23 Januari 1947. Saat itu, Yogyakarta merupakan Ibu Kota RI. 

“Ibu Mega lahir di tengah kancah perjuangan revolusi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Beliau ikut digembleng dalam apinya revolusi. Karena itulah, Bu Mega memiliki semangat juang bagaikan api nan tak kunjung padam. Pada saat bersamaan Ibu Mega juga dikenal sebagai sosok yang teguh memegang prinsip, dengan gelora rasa cinta kepada tanah air yang begitu tinggi, serta berpegang teguh pada keyakinan politik berdasarkan Pancasila,” kata Hasto. 

Hasto juga menyampaikan bahwa sosok Megawati memiliki rasa cinta tanah air dan mencintai bumi melalui merawat tanaman. Buktinya, kata Hasto, putri Proklamator Bung Karno itu memiliki koleksi tanaman yang sangat lengkap, mulai dari tanaman keras, bambu-bambuan, hingga umbi-umbian, beserta koleksi bunga seluruh Nusantara. 

“Rasa cinta Ibu Mega terhadap tanaman saat ini terus dibangun menjadi kultur Partai agar setiap kader Partai benar-benar menaruh rasa cinta pada tanaman dan lingkungan,” jelas Hasto.

Hasto pun mendoakan Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi itu selalu diberikan kesehatan dan panjang umur. 

“Dan kepemimpinan Ibu Mega selalu menjadi inspirasi tidak hanya bagi PDIP, namun juga bagi bangsa Indonesia dan dunia,” tegas Hasto.

Sementara itu, Ketua DPP PDIP bidang Kebudayan Tri Rismaharini atau Risma melakukan penanaman Pohon Mangrove dan Cemara Udang di beberapa wilayah di Provinsi Bali. 

“Senang sekali pagi ini kita akan berusaha menyelamatkan bumi ini, seluruh bumi di dunia melalui penanaman mangrove di Bali,” kata dia di Pantai Telaga Waja, Badung.

Risma yang juga menjabat Menteri Sosial ini mengatakan penanaman tersebut tak hanya dilakukan di Bali tapi di berbagai daerah oleh seluruh kader PDIP

Dalam kesempatan itu, dirinya berpesan apa yang dilakukan partai dan kader-kader PDI Perjuangan ini adalah hal yang benar dan bisa membuat keberlangsungan kehidupan manusia terjaga. 

Ia menuturkan, saat menjadi Dinas Kepala Kerbersihan di Surabaya, pernah belajar menanam Mangrove di Badung dan Denpasar. Kemudian hal tersebut diterapkannya di sana. 

“Lalu kami menanam Mangrove di Surabaya, dulunya selalu terkena rob banjir, sekarang alhamdulillah banjir di kawasan pantai timur Surabaya,” kata Risma.  (irw)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.