Waspada
Waspada » Forum Wartawan Pendidikan Ikut Salurkan Bantuan Korban Banjir
Nusantara

Forum Wartawan Pendidikan Ikut Salurkan Bantuan Korban Banjir

JAKARTA (Waspada): Kepedulian terhadap warga masyarakat korban banjir dirasakan oleh seluruh kalangan, termasuk oleh segenap anggota Forum Wartawan Pendidikan (Fortadik). Sejak seminggu belakangan, Fortadik yang sehari-hari meliput kegiatan pendidikan, mencoba menggalang berbagai bantuan untuk membantu meringankan beban korban banjir, khususnya untuk ketersediaan alat tulis dan seragam sekolah.

“Kita sering meliput kejadian bencana, termasuk melihat langsung kesulitan masyarakat saat anak-anaknya kehilangan buku, tas, seragam dan kebutuhan sekolah lainnya. Sangat sedih. Makanya kami berinisiatif untuk semampu kami menggalang kepedulian bersama untuk para pelajar yang keluarganya menjadi korban banjir,”kata Ketua Fortadik, Syarief Oebaidillah, saat melepas tim Fortadik Peduli Bencana ke wilayah Kabupaten Lebak dan Kota Tangerang Selatan, Sabtu (11/1) pagi di ruang wartawan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Jakarta.

Tidak sampai sepekan, bantuan yang datang dari berbagai pihak, utamanya dari sejumlah unit utama di Kemdikbud diantaranya Direktorat SMP, Direktorat GTK, Direktorat SD dan Direktorat PAUD terus memenuhi ruang wartawan.

Bantuan berupa tas, buku tulis, pinsil, alat mewarnai, buku bacaan, buku gambar, seragam sekolah, alat-alat makan dan minum sampai bantuan finansial.

“Kami juga membuka akun di kanal kitabisa.com selama 30 hari sejak awal pekan lalu,” kata Syarief.

Tim Fortadik peduli bencana yang datang langsung Desa Bungur Mekar, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Banten, menemui para korban banjir bandang di Posko Banjir Desa Bungur Mekar, Sabtu (11/1) siang. Mereka diterima langsung pimpinan Posko yang juga Ketua Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Lebak, Banten, Muhammad Umar.

“Alhamdulillah kami sudah sampai di posko dan menemui adik-adik para pelajar yang menjadi korban banjir. Semoga bantuan yang kami serahkan langsung pada hari ini bisa menjadi penyemangat adik-adik untuk terus belajar meski dalam kondisi sulit,”kata Citra, salah seorang anggota Fortadìk.

Umar mengatakan, banyak wilayah di Kabupaten Lebak yang sampai saat ini sulit dijangkau karena musibah banjir bandang. Tanah dan lumpur bercampur jadi satu sehingga menyulitkan bantuan datang. Karena itu dia menghargai sejumlah pewarta pendidikan yang terjun langsung menyerahkan bantuan dari para donatur yang budiman.

“Saya berjanji akan menyerahkan bantuan ini kepada yang berhak sesuai data kami,” kata Umar.

Di hari yang sama, bantuan berupa tas dan alat-alat tulis diserahkan langsung tim kedua Fortadik Peduli Bencana ke Panti Asuhan Aria Putra, Ciputat, Tangerang Selatan. Bantuan diterima langsung oleh para pelajar penghuni Panti Asuhan disaksikan pimpinan Panti Asuhan Aria Putra, H Munadih.

“Kami berterima kasih dan mendoakan semoga para penyumbang sehat walafiat dan Fortadik terus berbuat keberkahan untuk masyarakat luas,” ujar Munadih.

Selain ke Lebak dan Tangsel, rencananya bantuan juga akan dialirkan ke korban banjir di wilayah Teluknaga, Tangerang, Banten pada Minggu (12/1). Pada musibah banjir sejak awal Januari lalu, kawasan Teluknaga menjadi salah satu wilayah paling parah akibat luapan kali Cisadane.

“Rencananya Fortadik Peduli Bencana akan terus bergerak ke wilayah terdampak banjir lainnya seperti Teluknaga di Tangerang pada Minggu, 12 Januari ini,” ujar Indri, salah satu penggagas Fortadik Peduli Bencana.

Untuk wilayah lain yang tedampak banjir dan akan coba didatangi langsung adalah Kabupaten Bogor.

“Kami berharap bencana banjir tidak akan berlanjut. Tapi kepedulian akan terus kami suarakan dan kami jalankan,” tandas Jose, anggota senior Fortadik yang turut serta dalam tim Lebak. (dianw/B).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2