Waspada
Waspada » Dua MINI Cooper Terbaru Siap Mengaspal Di Indonesia
Nusantara

Dua MINI Cooper Terbaru Siap Mengaspal Di Indonesia

Jakarta (WASPADA). MINI Indonesia melincurkan new MINI John Cooper Works Clubman dan new MINI John Cooper Works Countryman, kini dengan 306 HP. Dua kendaraan ini hadir dengan mesin paling kuat dalam sejarah MINI. Performa dioptimalkan sehingga kedua model ini merupakan kendaraan MINI paling cepat yang diperbolehkan secara legal di jalan raya. New MINI John Cooper Works Clubman dan new MINI John Cooper Works Countryman telah mantapkan reputasi mereka sebagai pemimpin dalam segmen kendaraan sports kompak premium.
“MINI miliki banyak prestasi dan sejarah panjang di dunia balap. Brand ini berhasil terus tumbuhkan semangat balap selama lebih dari 60 tahun. Kini, hadir model terbaru dengan beragam inovasi. Rangkaian kendaraan new MINI John Cooper Works dengan 306 HP hadir untuk penuhi kebutuhan para fans MINI akan sebuah kendaraan sports kompak premium yang sesuai untuk lintasan balap, juga tetap dapat mengakomodasi aktivitas harian,” ujar Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia. “Rangkaian kendaraan new MINI John Cooper Works ini tampil berbeda berkat mesin paling kuat yang pernah dipasang dalam sebuah MINI. Dengan hadirnya kedua kendaraan sports ini, MINI Indonesia telah luncurkan semua rangkaian model John Cooper Works di Indonesia, pastinya berikan pilihan yang lebih luas bagi para pelanggan di Indonesia,” tambah Ramesh.

Kidd Yam, Head of MINI Asia, mengatakan, “Rangkaian kendaraan sports new MINI John Cooper Works hadir dengan beragam inovasi terbaru sehingga menjadi MINI paling kuat yang pernah ada! Generasi terbaru dari mesin 4-silinder yang dikembangkan untuk rangkaian kendaraan John Cooper Works dengan teknologi MINI TwinPower Turbo tingkatkan performa mesin sebesar 32% menjadi 306 hp dan torsi bertambah 29% menjadi 450 Nm, memotong akselerasi 0-100km/jam sebesar -1.4 detik untuk menembus penghalang 5 detik dengan rekor 4.9 detik. Dengan peluncuran kedua varian ini, MINI buktikan bahwa kendaraan sport kompak premium tetap nyaman untuk digunakan untuk sehari-hari bahkan di jalan berbatu dengan kemampuan sistem penggerak semua-roda ALL4 sebagai standar ”.

Pada kedua model, transmisi 8-percepatan Steptronic sports baru dipasang sebagai standar, termasuk kunci diferensial mekanis pada gandar depan, sistem penggerak semua-roda ALL4, sasis yang dirancang khusus, dan modifikasi penguatan tambahan untuk struktur bodi, koneksi mesin dan pengencang sasis. Semua inovasi tersebut hadirkan sensasi berkendara yang sepenuhnya baru untuk rangkaian kendaraan new MINI John Cooper Works.

Enam pintu individual dengan keseruan berkendara optimal pada new MINI John Cooper Works Clubman maupun kendaraan serba bisa dengan desain yang kokoh pada new MINI John Cooper Works Countryman, keduanya hadirkan pengalaman berkendara sport penuh adrenalin.

Karakteristik inovatif new MINI John Cooper Works Clubman dan new MINI John Cooper Works Countryman.

• Mesin 4 silinder baru dengan teknologi MINI TwinPower Turbo dan 306 hp dengan 450 Nm menjadikannya MINI paling kuat yang pernah ada.
• MINI pertama yang mencapai kecepatan tertinggi 250 km/jam.
• Konsep pendingin menggabungkan pengalaman dari lintasan balap.
• Sistem pembuangan baru dengan pengembangan suara yang luar biasa.
• Sistem penggerak semua-roda ALL4 sebagai standar.
• Transmisi 8-percepatan Steptronic sports baru dengan kunci diferensial mekanis terintegrasi untuk gandar depan.
• Desain dan koordinasi sasis khusus MINI John Cooper Works.
• Sistem pengereman sports MINI John Cooper Works yang lebih besar dan baru.
• Struktur bodi, koneksi penggerak mesin dan pengencang sasis yang kaku untuk pengalaman berkendara go-kart khas MINI.
• Lampu depan LED adaptif baru dengan fungsi lampu jauh Matrix dan lampu belakang LED dengan desain Union Jack di new MINI John Cooper Works Clubman.
Output maksimum dari empat silinder: Mesin 2.0 liter baru dengan teknologi MINI TwinPower Turbo.


Sebagai sumber tenaga untuk pengalaman berkendara terbaik, mesin 4-silinder yang dirancang ulang secara komprehensif berorientasi penuh untuk mencapai output maksimum. Mesin 4-silinder ini telah didesain ulang sepenuhnya untuk menjamin kinerja maksimum berkat modifikasi model-spesifik untuk penggerak poros engkol serta peredam vibrasi baru dengan pendinginan yang dioptimalkan. Output yang meningkat jauh dibandingkan dengan mesin sebelumnya juga dibantu oleh turbocharger yang lebih besar, dengan pengurangan rasio kompresi dari 10,2 menjadi 9,5 untuk menyamai peningkatan tekanan pengisian sistem.
Selain itu, turbocharger yang terintegrasi dalam exhaust manifold dilengkapi dengan katup pembuangan yang berkontribusi terhadap karakteristik responsnya yang dioptimalkan. Saluran air intake juga telah disempurnakan. Vaporisasi halus memungkinkan penggunaan bahan bakar yang akurat, menghasilkan pembakaran bersih dan efisiensi dalam penggunaan bahan bakar.
Kemampuan manuver kendaraan dan suara knalpot khas MINI John Cooper Works juga ditingkatkan pada model rangkaian terbaru ini. Output ekstrem dari mesin terasa jauh lebih intensif daripada sebelumnya, dengan akustik emosional, garisbawahi karakter performanya. Sistem knalpot kembar mengarah ke peredam belakang baru dengan volume lebih besar kini dengan tingkat tekanan balik gas buang yang rendah, menguntungkan pengiriman daya spontan dari mesin.

Transmisi 8-percepatan Steptronic sports, kunci diferensial mekanis.
Mesin depan yang dipasang melintang di kedua kendaraan sport ini hadir dengan transmisi 8-percepatan Steptronic sports. Generasi terbaru dari transmisi ini memiliki efisiensi internal yang ditingkatkan dan kemiringan sumbu kemudi yang diperpanjang – berkontribusi pada putaran mesin yang lebih rendah ketika berkendara di gigi yang lebih tinggi. Ini menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien. Kontrol transmisi baru tingkatkan dinamika perpindahan gigi, kenyamanan berkendara, dan paddle shift dipasang sebagai standar pada setir untuk perpindahan gigi manual. Selain itu, transmisi 8-percepatan Steptronic sports tawarkan Launch Control untuk akselerasi dengan traksi optimal dan tarikan maksimum dari kondisi kendaraan berhenti.

Transmisi otomatis baru ini juga dilengkapi dengan kunci diferensial terintegrasi yang berfungsi secara melintang untuk mengurangi kompensasi kecepatan antara roda depan. Dalam kondisi penuh beban, efek penguncian hingga 39 persen dapat dihasilkan. Kunci diferensial mekanis ini saling berhubungan dengan sistem Dynamic Stability Control (DSC), yang membantu traksi dari new MINI John Cooper Works Clubman dan new MINI John Cooper Works Countryman di semua kondisi jalan, serta dinamika berkendara saat menikung dengan gaya mengemudi yang sporty. Kunci diferensial mendukung kelincahan kendaraan saat mengubah arah dengan cepat atau mengakselerasi secara dinamis dari tikungan, dengan menerapkan pergeseran yang diatur dari torsi penggerak.
Penggerak semua-roda ALL4 dengan komponen model-spesifik.
Sistem penggerak semua-roda ALL4 standar memainkan peran sentral dalam mengoptimalkan traksi, kelincahan, dan stabilitas berkendara dari kedua model kendaraan sport ini. Pengontrol cerdas sistem ALL4 saling berhubungan dengan DSC Dynamic Stability Control dan menghitung rasio distribusi daya ideal antara roda depan dan belakang secara berkesinambungan.

Dalam kondisi berkendara normal dengan DSC diaktifkan, sistem ALL4 menghantarkan torsi penggerak ke roda depan. Ini memungkinkan tenaga mesin diubah menjadi dorongan penggerak maju dengan efisiensi maksimum. Tetapi, jika pengontrol DSC mendeteksi adanya bahaya selip pada roda depan, dalam sepersekian detik, hang-on clutch akan mentransfer torsi penggerak ke roda belakang dengan bantuan pompa elektrohidrolik.

Teknologi sasis dan sistem pengereman sports terbaru.
Teknologi sasis dari new MINI John Cooper Works Clubman dan new MINI John Cooper Works Countryman juga telah ditingkatkan ke level lebih tinggi. Swivel bearings terbaru memungkinkan peningkatan nilai camber di roda depan.

Terlebih lagi, sistem suspensi dan redaman yang disetel ulang, DSC, dan kemudi elektromekanik dengan sempurna merangkum karakter gesit dari model sports ini. New MINI John Cooper Works Clubman dan new MINI John Cooper Works Countryman dilengkapi sasis adaptif dengan damper yang dikontrol secara otomatis.

Sistem pengereman sport juga telah dirancang ulang dan sekarang memiliki rem cakram kaliper-tetap, 4-piston pada roda belakang untuk memastikan nilai pengereman yang selalu tinggi bahkan dalam penggunaan intensif. Cakram rem besar 360 × 30 mm di depan dan 330 × 20 mm di belakang, dikombinasikan dengan geometri saluran pendingin yang dioptimalkan, juga berperan dalam mencapai tingkat stabilitas yang tinggi. Kaliper rem berlapis merah di bagian depan dengan logo John Cooper Works. Selain itu, bagian dari perlengkapan standar adalah roda aloi ringan John Cooper Works 19-inci dalam desain Circuit Spoke 2-tone pada MINI John Cooper Works Countryman, sedangkan MINI John Cooper Works Clubman menggunakan roda aloi ringan John Cooper Works 18 inci dalam desain Grip Spoke.

Struktur bodi dan pengikat sasis dengan kekakuan yang dioptimalkan.
Jarak sumbu roda panjang, lebar track besar, dan pusat gravitasi rendah yang ditampilkan oleh kedua model sport ini memang ideal untuk desain dan penyetelan sasis yang ditujukan untuk performa sporty yang konsisten. Selain itu, penguatan  untuk struktur bodi dan koneksi sasis yang sangat kencang di new MINI John Cooper Works Clubman dan new MINI John Cooper Works Countryman memastikan pengalaman berkendara sporty yang luar biasa. Kedua model memiliki penyangga (strut) presisi yang baru dikembangkan untuk kompartemen mesin. Ini menghubungkan kubah spring strut kanan dan kiri. Penopang ujung depan disediakan oleh arrow struts khusus serta sebuah strut dome-bulkhead di bagian bawah.

Fitur desain khas MINI John Cooper Works di bagian eksterior berfungsi untuk optimalkan fitur aerodinamika kendaraan serta desain saluran udaranya. Misalnya, asupan udara besar di bagian depan kendaraan memenuhi kebutuhan pendinginan untuk sistem penggerak maupun pengereman. Selain itu, karakteristik kinerja yang luar biasa tercermin dalam desain skirt samping serta apron belakang independen dengan elemen diffuser terintegrasi. Spoiler atap model-spesifik berperan dalam mengurangi uplift pada kecepatan tinggi. Terlebih lagi, kedua model new MINI John Cooper Works ini dilengkapi dengan tutup spion yang aerodinamis.

Perlengkapan standar eksklusif, pilihan berkelas-tinggi.
Aksentuasi model khas MINI John Cooper Works di eksterior termasuk cat kontras merah untuk atap dan tutup spion, desain individual untuk scuttles samping yang dekat lampu isyarat tambahan, dan logo John Cooper Works di grille radiator dan tailgate. Air inlet sentral di kedua model memiliki struktur pola sarang lebah, sedangkan air inlet MINI John Cooper Works Countryman juga memiliki surround merah.

Pada new MINI John Cooper Works Clubman, cross-member merah membagi lagi grille radiator dengan desain baru. Lampu depan LED Adaptif dengan teknologi Matrix LED Headlight, lampu belakang, dan body kit aerodinamis juga berikan tampilan baru pada new MINI John Cooper Works Clubman.

Sensasi kendaraan sport makin sempurna dan dapat dinikmati hingga 5 penumpang. Bangku sports John Cooper Works dengan kombinasi Dinamica/Leather, serta trim interior MINI Yours Piano Black Illuminated yang menyala di malam hari dalam 12 warna berbeda, membuat kendaraan sport ini tampil sporty dan mewah. Kedua model ini juga hadir dengan fitur setir John Cooper Works sport leather dengan tombol multifungsi, tuas pemilih elektronik, dan headliner antrasit.
Fitur-fitur kenyamanan di varian-varian new MINI John Cooper Works 306 HP, antara lain, adalah Electric Tailgate dengan Easy Opener, Comfort Access dengan Easy Opener, dan AC dua zona otomatis yang dapat mengatur aliran udara di dalam kendaraan dengan cepat. Para pengguna juga dapat menikmati MINI Find Mate dengan tag Bluetooth yang dapat dilekatkan pada koper dan kunci mobil untuk pelacakan yang mudah. Fitur yang menonjol lain adalah MINI Yours Logo Projection yang menyambut pengemudi dengan proyeksi logo MINI di jalan, pada bagian pintu setiap kali kendaraan dikunci atau dibuka. Panoramic Sunroof hadir sebagai standar untuk rangkaian kendaraan new MINI John Cooper Works 306 HP.

Perlengkapan standar eksklusif untuk kedua model kendaraan sports ini juga mencakup sistem suara Harman Kardon 360 watt – 12 speaker, Head-Up Display, Wireless Charging for Mobile Phones, Apple CarPlay dan MINI Navigation System termasuk layar sentuh 8,8 inci.

Keamanan dijamin melalui fungsi Park Assist yang secara otomatis mengarahkan kendaraan masuk ke tempat parkir paralel. Fungsi Park Distance Control untuk bagian depan dan belakang mengukur ruang di kedua sisi kendaraan saat dimanuver ke tempatnya. Sebuah kamera belakang juga tersedia untuk memudahkan pengemudi saat parkir mundur.   (Aris Aryanto)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2