Dikti Kemdikbud Kembali Gelar World Class Professor - Waspada

Dikti Kemdikbud Kembali Gelar World Class Professor

  • Bagikan

JAKARTA (Waspada): Meski ada penurunan anggaran sebanyak 50 persen, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memastikan ajang “World Class Profesor” atau WCP tahun ini digelar November mendatang.

“WCP tetap digelar, meski tahun ini anggaran hanya sekitar Rp5 miliar. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang anggarannya di atas Rp10 miliar,” ujar Direktur Sumber Daya Kemendikbud, Dr Mohammad Sofwan Effendi, dalam telekonferensi, Senin (11/5).

                                             

WCP merupakan program yang mengundang profesor kelas dunia dari berbagai perguruan tinggi ternama dalam dan luar negeri sebagai profesor tamu, untuk ditempatkan di berbagai perguruan tinggi di Tanah Air. Masa tinggal bervariasi, antara 10 sampai 28 hari.

Tujuannya agar tercipta interaksi antara dosen hingga peneliti, dengan profesor ternama dunia. Dari situ, kehidupan akademis, kompetensi, kuantitas dan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan inovasi nasional dapat dikembangkan lebih jauh.

Sepanjang 2017-2019, WCP telah menghasilkan 379 publikasi bersama antara professor diaspora dengan dosen-dosen di Tanah Air.

Sejumlah kegiatan WCP di antaranya, menyiapkan sumber daya manusia program studi untuk mendapatkan akreditasi internasional, magang dosen di laboratorium profesor WCP, dosen tamu atau konsultan di perguruan tinggi pengusul, peer review untuk jurnal internasional di Indonesia, joint supervision bagi mahasiswa S2 dan S3 dan menjadi external examiner, pembicara atau penyaji, dan lainnya.

Sebuah perguruan tinggi boleh mengajukan proposal dengan syarat akreditasi A, menuju ranking 500 dunia, dan memberikan pembiayaan bersama untuk mendatangkan profesor ke Indonesia.(j02)

  • Bagikan