Danrem Pimpin Evakuasi Korban Banjir Dan Tanah Longsor Lombok Barat

  • Bagikan

LOMBOK BARAT (Waspada): Danrem 162 WB, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdani, S.Sos. SH. M.Han turun langsung untuk mengevakuasi warga yang terdampak banjir dan longsor di Lombok Barat, Selasa (7/12).

Danrem menyebutkan sampai saat ini ada 1.556 KK yang berhasil dievakuasi. Daerah terdampak paling parah, yakni Kecamatan Gunung Sari dengan jumlah warga yang dievakuasi sebanyak 1.544 KK.

‘’Sedang sisanya yang 12 KK, berasal dari Kecamatan Batu Layar,’’ cetusnya.

Personil yang diturunkan, yakni seluruh anggota Matra yang dimilikinya, mulai dari prajurit Yonif 742 sebanyak 200 personel, Kodim 200 anggota, serta Lanud dan Lanal masing-masing 50 dan 25 personil.

‘’Mereka bertujuan untuk membantu masyarakat yang menjadi korban akibat banjir ini,’’ tuturnya.

Setiap personil, kata Danrem, akan tetap berjaga di wilayah perumahan yang terdampak banjir, dengan sinergitas bersama Polri dan masyarakat untuk kondusifitas di wilayah ini.

Banjir kali ini cukup parah, karena hujan yang terus menerus selama dua hari terakhir menyebabkan beberapa desa terendam.

Salah satu contoh, Desa Ranjok, Kecamatan Lombok Barat, tepatnya Perumahan Bhayangkara Residence yang terendam air sekitar satu meter.

‘’Kita baru selesai ikut membantu mengevakuasi barang-barang warga yang masih terendam seperti pakaian, kendaraan serta perabot rumah tangga yang masih bisa dipergunakan kembali,’’ kata Danrem.

Danrem menjelaskan, nilai kerugian material akibat bencana banjir ini, sampai saat ini belum bisa dikalkulasi. Karena semua personil masih fokus menyelamatkan warga serta membangun tenda-tenda pengungsian, dapur umum, pos kesehatan dan sebagainya.

Danrem menambahkankan, prajurit TNI senantiasa harus selalu siap dan sigap mengambil langkah-langkah, baik saat maupun pasca bencana alam ini.

‘’Seluruh anggota TNI, senantiasa menjalankan tugas ini dengan penuh rasa tanggung jawab, sabar dan penuh keikhlasan serta selalu memperhatikan keselamatan pribadi,’’ pesan Danrem 162 WB, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdani.(m29)

Waspada/Ist
Danrem 162 WB, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdani bersama anggota Polri dan warga mengevakuasi korban tewas atas nama H. Suri akibat longsor dan banjir di Lombok Barat, Selasa (7/12).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *