Muhammad Ja'far Dianugerahi Duta Santripreneur Indonesia 2019

JAKARTA (Waspada): Ilmuwan muda penemu obat kulit untuk manusia dan hewan luar/dalam Muhammad Ja’far Hasibuan dinobatkan Duta Santripreneur Indonesia pada kegiatan awarding Santripreneur Award 2019, di Gedung Serbaguna ORYZA Bulog Jl. Gatot Subroto No. Kav 49, RT.5/RW.4, Kuningan Tim, Kec. Setiabudi, Jakarta Selatan, Minggu (29/9).

Muhammad Ja'far Dianugerahi Duta Santripreneur Indonesia 2019
MUHAMMAD Ja’far Hasibuan saat diterima Ketua PMI Sumut Dr Rahmat Shah. Waspada/Ist

Diketahui sebelumnya, Muhammad Ja’far Hasibuan, 27, juara dunia di Shanghai Chinada dalam kompetisi para ilmuwan di China Shanghai International Exhibition of Inventions (CSITF) dan WIIPA Special Award World Invention Intelectual Property Association. Dia berhasil menyumbangkan medali emas dan WIIPA Special Award bagi Indonesia lewat penemuannya yaitu obat kulit untuk manusia dan hewan luar/dalam.

Muhammad Ja’far dianugerahi Duta Santripreneur Indonesia berkat dukungan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sumatera Utara Dr Rahmat Shah, yang selama ini banyak memberikan bimbingan dan motivasi atas prestasi dirinya. “Berawal saya membaca buku sejarah hidup Dr Rahmat Shah, beliau dikenal dulunya sebagai anak desa atau kampung seperti saya,” tuturnya.

Diketahui, Muhammad Ja’far Hasibuan adalah salah satu alumnus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara(UIN-SU). Dia lahir pada tahun 1992 di Desa Sampuran Simarloting, Kec. Halu Sihapas, Padang Lawas Utara. Berbagai kompetisi dan lomba diikuti Muhammad Ja’far sehingga berbagai penghargaan dan piagam diperolehnya.

Hingga akhirnya dia meraih medali emas berkat penemuannya, Biofar Shrimp Skin Care berupa singkatan dari BIO yang berarti alami, FAR berasal dari penggalan nama penemu Ja’far, SHRIMP berarti udang halus kecil (bahan baku) dan SKINCARE yang mengindikasikan obat tradisional yang mampu menyembuhkan luka maupun penyakit kulit bagi manusia dan hewan. Turut hadir pada acara penganugerahan Duta Santripreneur Indonesia 2019 di antaranya yang mewakili Presiden, mewakili Kemenlu, Kemendagri, Kemenkop UKM, Kemenag, Polri, Perum Bulog, Kemnaker, dan Bekraf. (cwan)