Mobil Dikemudikan Anggota DPRD Paluta Masuk Jurang Di Tapsel

SIPIROK (Waspada): Mobil Toyota Fortuner BK 1485 JC dikemudikan anggota DPRD Kab. Padanglawas Utara, Taripar Laut Harahap masuk jurang sedalam 20 meter di pinggir jalan menuju SMA Negeri 2 Plus Sipirok, Kab. Tapanuli Selatan, Senin (4/11) malam. Hingga Selasa (5/11), mobil masih di dasar jurang dengan posisi berdiri seperti biasa. Lima penumpang, Taripar Laut beserta istri dan anaknya, semua selamat dan hanya mengalami luka ringan.

Mobil Dikemudikan Anggota DPRD Paluta Masuk Jurang Di Tapsel
MOBIL Fortuner anggota DPRD Paluta Taripar Laut Harahap masuk jurang. Waspada/Sukri Falah Harahap

Kepada wartawan, Taripar mengaku tidak menyangka kecelakaan itu terjadi. Sebab ia sudah sering melintasi jalur tersebut setiap mengantar anaknya bersekolah di SMA Negeri 2 Plus Sipirok.

Kejadian berawal saat mobil dikemudikannya masuk simpang SMAN 2 Plus Sipirok dari pinggir Jalinsum di Desa Simaninggir menuju Desa Padang Bujur. Tiba di tanjakan berbelok yang pinggir kirinya sudah lama longsor, datang mobil dari arah berlawanan. “Kondisi jalan sempit dan rusak, saya berupaya ke pinggir agar mobil dari depan melintas. Saya tak sadar jika jalur sebelah kiri itu sudah lama longsor. Akhirnya mobil masuk jurang dan terguling lima kali,” kenangnya.

Menurut Taripar, ruas jalan itu sudah pantas menjadi perhatian pemerintah daerah. Karena selain kondisi jalan yang sempit, beberapa meter bahu jalannya mengalami abrasi. Jangan sampai kecelakaan terulang kembali dan memakan korban jiwa.

Jika tidak ditangani segera, dikhawatirkan badan jalan itu habis akibat longsor. Bisa saja makan korban jiwa, mengingat jalur itu setiap hari dilintasi angkutan umum dan warga. Apalagi selain SMAN 2 Plus, di sana juga ada SMKN 1 Sipirok.

Informasi terakhir, mobil naas berwarna hitam itu tengah diupayakan untuk dievakuasi. Kondisi kerusakannya, penyot di bagian depan dan samping, hampir seluruh kaca pecah, dan akan sulit dievakuasi karena posisi mobil terjepit di dalam parit pinggir sawah. (a27)