Menpora Imam Nahrawi Ikut Haji Reguler

JEDDAH (Waspada): Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora), Imam Nahrawi bersama isteri tiba di Bandara King Abdulaziz, Jeddah, Selasa (6/8) sekira pukul 06.40 Waktu Arab Saudi (WAS). Nahrawi masuk dalam quota haji reguler kelompok terbang 85 Embarkasi Surabaya (SUB85).

Menpora Imam Nahrawi Ikut Haji Reguler
Menpora Imam Nahrawi dan isteri tiba di Bandara Jeddah, Selasa (6/8) untuk bertolak ke Makkah. Nahrawi masuk dalam haji reguler kloter 85 Surabaya, setelah menunggu 7 tahun lamanya. (Foto: Dian Warastuti)

"Alhamdulillah perjalanan lancar," ujarnya. 

Dia mengatakan sangat bersyukur tahun ini bisa berangkat menunaikan haji, setelah menunggu tujuh tahun lamanya. 

"Kami menikmati proses menunggu itu. Mendebarkan. Sambil melantunkan doa-doa penantian yang akhirnya berbuah manis," kata Nahrawi.

Nahrawi take off dari Bandara Juanda Surabaya pukul 01.00 WIB. Selama hampir 10 jam perjalanan dia mengaku sempat mendatangi beberapa jamaah calon haji, menanyakan apakah para jamaah merasa senang dengan pelayanan kru pesawat dan pelaksanaan haji keseluruhan.

"Saya datangi satu-satu beberapa penumpang di pesawat. Alhamdulillah semuanya merasa senang dan gembira. Bahkan ada yang berdebar tak sabar menunggu kapan mendarat di Jeddah," ujar Nahrawi. 

Nahrawi berdoa untuk keluarga, sanak saudara, sajabat dan teman yanh telah membantunya di organisasi. Dia juga berdoa agar bangsa Indonesia aman dan dijauhkan dari segala bencana.

"Saya juga mendoakan dunia olah raga semakin jaya dan lebih baik prestasinya. Bisa jadi macan Asia dan macan dunia," ujarnya. 

Dia menyebut Indonesia bakal jadi tuan rumah laga sepak.bola dunia U 20 pada 2021. Hajatan lainnya yang tengah dirancang adalah ajang motogp. 

"Indonesia juga ikut biding untuk tuan rumah olimpiade 2032. Doakan ini berhasil," katanya. 

Dalam kesempatan itu Nahrawi juga mengucap duka cita mendalam atas meninggalnya Kiai Kharismatik, Maimun Zubair. 

"Mbah Mun adalah guru dan orang tua yang sangat mulia bagi kita semua. Mbah Mun itu kuat ingatan dan sopan kepada siapapun. Beliau adalah mujahid, mujadid dan pendidik luar biasa dengan ratusan ribu santri yang dididik. Semoga beliau mendapat surga bikhoiri hisab," ujarnya.

Sesampai di Makkah Nahrawi berencana melakukan takziah. Tanah harom akan melakukan takziah.

Seperti diketahui, Kiai Haji Maimun Zubair atau akrab disapa Mbah Mu meninggal dunia di Makkah, Selasa (6/8). (dianw)