Mengaji Bersama Tuan Guru Bersanad Kepada Rasulullah 

MADINAH (Waspada): Jamaah haji yang sedang di Madinah untuk arbain, juga memanfaatkan waktunya untuk membaca dan belajar Alquran di Masjid Nabawi bersama guru yang langsung bersanad pada Rasulullah SAW. Hal itu disampaikan Ketua Rombongan 8, Dr. HM Nurdin Amin pada Kloter 18, Senin (9/9).

Mengaji Bersama Tuan Guru Bersanad Kepada Rasulullah 
Ketua Rombongan 8, pada Kloter 18, Dr. HM Nurdin Amin ikut membaca Alquran di Masjid Nabawi. Waspada/Ist

Dia menyebutkan, di Masjid Nabawi, kegiatan mengaji dan belajar Alquran, turun temuran sejak diajarkan oleh  Rasulullah SAW. Catatan sejarah, pertama kali Rasulullah mengajari sahabat Alquran berikut tafsir, tajwid, tatacara membaca, adab yang sesuai dengan tuntunan Alquran.

Kata HM Nurdin Amin, membaca Alquran disimak oleh Tuan Guru yang ke 1084 di Masjid Nabawi, sehingga terasa seolah mengaji bersama para sahabat Rasulullah SAW, dengan sistem talaqqi (berkelompok kelompok dengan guru-guru yang tersertifikasi yang disiapkan oleh Masjid Nabawi untuk jamaah haji dan umroh sepanjang tahun).

"Saat belajar dan membaca Alquran, saya diajarkan oleh Al Ustadz Abdul Basith Muhammad Hanif. Posisi saat membaca Alquran, saya berada di bangunan induk perluasan era King Abdul Aziz yang tidak jauh dari makam Rasulullah SAW. Sedangkan yang belajar, jamaah dari berbagai negara, ada Pakistan, India, dan Asia lainnya. Ada juga yang orang Arab, Eropa, Afrika dan lainnya," katanya. 

Meski bahasa guru mengaji, berbahasa Urdu selain bahasa Arab dan Bahasa Inggris, tetapi dia menyimak dan memastikan bacaan bagus atau tidak, lalu mendengarkan dan menyimak secara seksama. Bacaanpun bersandar langsung dari para guru-gurunya yang mendapat ilmu dari gurunya, dari gurunya sampai ke tabiin dari para sahabat Rasulullah yang ilmunya turun dari Rasulullah SAW, turun temurun secara tersambung.

"Tentu bahagia sekali bisa ikut belajar membaca Alquran selama berada di Masjid Nabawi bersama guru yang langsung bersanad dari Rasulullah SAW," kata HM Nurdin. (m37)