Mendikbud Kirim Tim Investigasi Ke Sekolah Roboh di Pasuruan

JAKARTA (Waspada): Robohnya Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kota Pasuruan, Jawa Timur mengundang kesedihan luar biasa di hati Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim.

Mendikbud Kirim Tim Investigasi Ke Sekolah Roboh di Pasuruan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim.

"Saya luar biasa sedihnya mendengar berita tersebut. Saya mengucapkan belasungkawa kepada keluarga korban," ujarnya saat audiensi dengan Forum Wartawan Pendidikan dan Kebudayaan di ruang kerjanya, Jakarta, Rabu (6/11).

Dia juga mengaku sudah mengirimkan tim dari inspektorat jenderal untuk melakukan investigasi. 

"Fokusnya ke depan itu bagaimana kementerian ini bisa membantu pemerintah daerah dan instansi terkait untuk menghindari hal seperti robohnya sekolah ini terjadi lagi. 

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah kelas di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Gentong di Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, ambruk pada Selasa (5/11). Dua orang meninggal dunia dan belasan lainnya terluka akibat kejadian itu. Korban meninggal adalah seorang siswa berusia 8 tahun dan seorang guru. 

Menurut Nadiem, kasus sekolah roboh ini menjadi perhatian yang sangat penting. Apalagi menyangkut keamanan murid dan guru. Karenanya dia akan memberi perhatian lebih untuk membenahi infrastruktur pendidikan di daerah. 

"Tentunya investigasi akan terus berjalan dan harapan sy adalah dengan menciptakan suatu sistem monitoring yang lebih baik, supaya kita bisa menghindari kejadian ini," pungkasnya. (dianw/B).