Yayasan Panti Asuhan Amaliyah Bangun Asrama Khusus Calon Tahfidz Qur'an

Yayasan Panti Asuhan Amaliyah Bangun Asrama Khusus Calon Tahfidz Qur’an

  • Bagikan
PELETAKAN batu pertama pembangunan Asrama Panti khusus calon Tafidz Qur'an di Panti Asuhan Amaliyah oleh Kabag Kesra H.Syahbana Hasibuan. Waspada/ist
PELETAKAN batu pertama pembangunan Asrama Panti khusus calon Tafidz Qur'an di Panti Asuhan Amaliyah oleh Kabag Kesra H.Syahbana Hasibuan. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Yayasan Panti Asuhan Amaliyah membangun Asrama khusus calon Tahfiz Qur’an pada Sabtu(18/9).Wali kota TebingTinggi diwakili Kabag Kesra H.Syahbana Hasibuan melakukan peletakan batu pertama pembangunan asrama tersebut.

Hal ini disampaikan,Ketua Yayasan Panti Asuhan Amaliyah Dr H Eddy Syofian M.AP yang juga Sekretaris DHD45 Sumut, kepada wartawan di Medan.

                                             

Kata dia, turut hadir dalam acara ini Ketua DPRD T.Tinggi H.Basyaruddin Nasution SH MHum beserta isteri, Wakil Bupati Batubara H.Oky Firma Iqbal, mantan Wali kota Medan Drs H Rahudman Harahap MM beserta isteri, Mewakili Ketua MUI Kota T.Tinggi H.Agus Khair Nasution, Wakil Kepala Bank Sumut Cabang T.Tinggi H.Erlianda Purba, Direktur Huppas Centre Indonesia Medan Dr H Sakhira Zandi MSi, Ketua Yayasan Pendidikan Islam AD Durra Medan H.Muhammad Rais MSi.MPd , Ketua Himpunan Pengusaha India Muslim Indonesia serta undangan lainya.

Dukung

Wali kota T.Tinggi dalam sambutannya mendukung rencana Yayasan Panti Asuhan untuk mempersiapkan anak auh menjadi penghafal qur’an guna menempah karakter dan pemahaman nilai2 agama Islam pada diri anak asuh serta dapat mempersiapkan mereka dalam menata masa hidupnya.

Disebutkan, Pemko T.Tinggi sejak berdirinya Panti Asuhan Amaliyah tahun 1978 tidak pernah absen dalam membantu kebutuhan anak asuh karena Pemko merupaksn salah satu pendiri dari panti ini. Terkait pembangunan asrama panti ini, melalui APBD tahun 2021 telah mengalokasikan bantuan hibahnya sebesar Rp 75.000.000 dan diharpakan warga dapat menggerakkan infaq dan wakafnya bagi pembangunan asrama ini.

Ketua DPRD T.Tinggi H Basyaruddin Nasution juga menyatakan secara pribadi dan kelembagaan akan ikut berpartisipasi menyelesaikan pembangunan ini karena ini juga bermanfaat bagi warga kota untuk melahirkan generasi yang cinta qur’an dan berakhlak mulia.

Sementara itu Pimpina Tahfidz Qur’an Tonggol Saidah Hj Rita Wizni Rahudman M.Psi,Psikolog menyatakan jangan kuatir jika kita membangun dan mendidik anak panti menjadi Hafidz Qur’an. Warga kota TTinggi bisa menjadi ayah asuh bagi.tiap anak Hafidz untuk membiayai kehidupan mereka. Dia juga pada kesempatan tersebut memberikan infaqnya 200 zak semen, seraya berdoa semoga akan lahir dari Panti Asuhan Amaliyah ini ulama qur’an yang istiqomah.

Ketua Yayasan Panti Asuhan Amaliyah TTinggi Dr H Eddy Syofian M.AP mengatakan Panti Asuhan Amaliyah yang dibangun pada 23 Desember 1978 oleh Wali kota T.Tinggi Drs H Amiruddin Lubis bersama para ulama dan tokoh masyarakat, sejak berdiri hingga saat ini tidak pernah mengalami kesulitan terutama.dalam hal sandang dan pangan.

“Mereka kami asuh dengan sentuhan kasih sayang, pendidikan akhlak dan pendidikan umum.beserta ketrampilannya” ujar mantan Pj Walikota T.Tinggi ini.

Ditambahkannya, permasalahan saat ini mereka kurang diberikan pendidikan al qur’an secara khusus padahal mereka menetap di panti rata rata selama 12 tahun.(sejak SD sampai SMU bahkan ada yang berusia di bawah 5 tahun dan ada juga bermukim hingga menamatkan pendidikan sarjana).

Penghafal Qur’an

Menurut Eddy Syofian masa bermukim yang cukup lama, mestinya mereka sudah bisa menjadi penghafal qur’an.

“Kalau rutin dibimbing rata rata selama.3 tahun para santri sudah bisa menjadi penghafal quran.
Atas dasar itulah pihak Yayasan membuat program mendidik para santri panti menjadi penghafal qur’an dan mereka yang sudah diseleksi ditempatkan di asrama yang sedang dibangun ini,”ujarnya.

Eddy Syofian berharap pembangunan yang menelan biaya Rp 520.000.000 yang terdiri dari dua lantai ini bisa selesai dibangun.

“Saya yakin pekerjaan pembanguna sarana yang disenangi Allah, tidak pernah mangrak dan insyah allah akan selesai tepat pada waktunya “ujar Eddy seraya menyatakan Allah akan gerakkan hati manusia untuk menyisihkan rezeki dan hartanya untuk investasi akhirat ini,”ungkapnya.

Turut memberikan sambutan Wakil Bupati Batubara H Oky Firma Iqbal, mewakili Ketua MUI H Agus Kbair Nasution dan ceramah tentang keutamaan mengasuh anak yatim dan santri qur’an dalam islam dan pengalaman megelola rumah tahfidz oleh Direktur Huppas Centre Indonesia Medan Dr.H Sakhira Zandi MSi. (m22)

  • Bagikan