Waspada
Waspada » Dr H Maratua Simajuntak: Waspada Sudah Teruji Hingga Mampu Bertahan Di Usia 74 Tahun
Medan

Dr H Maratua Simajuntak: Waspada Sudah Teruji Hingga Mampu Bertahan Di Usia 74 Tahun

Dr H Maratua Simajuntak Ketua Umum terpilih MUI Sumut. Harian Waspada sudah teruji. Waspada/Anum Saskia
Dr H Maratua Simajuntak Ketua Umum terpilih MUI Sumut. Harian Waspada sudah teruji. Waspada/Anum Saskia

MEDAN (Waspada): Dr H Maratua Simajuntak (foto) Ketua Umum terpilih MUI Sumut pada Musda MUI Desember 2020 lalu, mengakui Waspada telah teruji hingga mampu bertahan di usianya yang sudah 74 tahun.

Sejak menjadi menjadi pembaca tahun 1980, dia menilai koran Waspada sangat teruji dalam segala kondisi.

“Ya, sana melihat Harian Waspada bisa bertahan dalam berbagai situasi dan kondisi. Pernah dibredel masa revolusi dan masa  Bung Karno (Presiden RI) masa era Orde Baru sampai era Indonesa Maju sekarang yang semakin sulit akibat pandemi Covid-19 ini,” katanya.
“Meski pernah terbakar, Harian Waspada tetap berdiri. Maka saya artikan Harian Waspada sudah teruji ,” ungkap Maratua Simajuntak yang juga Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sumut,” katanya.
Itulah sebabnya, kata dia, membaca Harian Waspada baginya sangat penting.
Bahkan pertamakali datang ke Medan tahun 1967 usai lulus  Madrasah Aliyah Mustofawiyah, Purba Baru, sudah mengenal Waspada. Hanya saja, saat itu belum berlangganan padahal koran ini sudah populer.
“Keinginan membaca sebelum memulai aktivitas,” ujar Maratua di ruang kerjanya, Jumat (8/1).
Maka, sambung dia, saat menjadi mahasiswa saat kuliah di Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Aceh Cabang Medan.
Selanjutnya meraih gelar Sarjana Muda pada tahun 1971. Dia semakin sering membaca Waspada, meskipun belum berlangganan.
“Kondisi keuangan belum memungkinkan untuk berlangganan. Tapi saya selalu berusaha untuk bisa membaca koran,” ungkapnya.
Lalu, setelah meraih sarjana di tahun 1977, diiringi semakin membaiknya keuangan karena sudah bekerja tetap dan menjadi pendakwah, Maratua memutuskan untuk menjadi pelanggan tetap Koran Waspada.
“Seingat saya tahun 1980, mulai berlangganan, agar media sebagai referensi yang sarat dengan ide-ide lebih memotivasi saya sebagai tenaga pengajar dan peendakwah,” kata anggota DPRD Sumut sejak 1987 sampai 2004.

Agamais

Hal yang membuat dia kagum pada Harian Waspada yang memiliki moto Demi kebenaran dan keadilan, terlihat nasionalis mampu merangkum agamais, memberi ruang khusus untuk masyarakat gemar menulis menyampaikan pendapat dalam kolom artikel maupun surat pembaca.
“Saya pernah menjadi narasumber menjawab pertanyaan masyarakat di kolom agama di Harian Waspada selama beberapa tahun. Pengirim pertanyaan sangat banyak, bahkan kolom jawaban tidak bisa menjawab semua pertanyaan,” kata Maratua, yang pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Dakwah Indonesia Sumut tahun 1988-1999.
Maratua Simajuntak menyampaikan Selamat Hari Ulang Tahun ke 74 Harian Waspada. Semoga tetap bertahan di tengah persaingan global dan tetap mengedepankan perinsip keadilan dan kebenaran dalam pemberitaan. (m22)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2