Waspada
Waspada » Warga Pasang Portal Cegah Kerusakan Badan Jalan
Medan

Warga Pasang Portal Cegah Kerusakan Badan Jalan

SEJUMLAH warga saat memasang portal cegah kerusakan jalan di Jl Pancing 1 Martubung, Kamis (3/9) sekira pukul 19:30. Waspada/Ist
SEJUMLAH warga saat memasang portal cegah kerusakan jalan di Jl Pancing 1 Martubung, Kamis (3/9) sekira pukul 19:30. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Sejumlah warga pasang portal untuk cegah kerusakan badan jalan di Jl Pancing 1 Martubung Kelurahan Besar Kecamatan Medan Labuhan, Kamis (3/9) sekira pukul 19:30.

Koordinator aksi demo masyarakat Salman menjelaskan, warga pasang portal untuk cegah kerusakan badan jalan dan masuknya truk-truk bertonase tinggi ke kawasan itu.

Pihaknya menuntut tiga hal, yaitu pemasangan portal tujuannya supaya truk trado dan trailer tidak melintas, sebab status jalan itu kelas tiga.

“Status jalan merupakan jalan kelas III namun  truk-truk yang bertonase tinggi tetap melintas, sehingga mempercepat kerusakan jalan,” sebut Salman.

Kata Salman,  Pemko Medan segera memperbaiki jalan yang rusak parah itu sekaligus menertibkan gudang/depo truk trailer dan trado sepanjang Jl Pancing untuk direlokasi.

“Untuk dana pemasangan portal ini sendiri asli dari dana swadaya masyarakat dengan jumlah berkisar Rp 3 juta tanpa ada sumbangan dari pihak pemerintah maupun pengusaha dan pengerjaannya secara sukarela,” sebut Salman.

Menurut Salman pemasangan portal itu sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan kota Medan dan Unit Lalulintas Polsek Medan Labuhan.

Pada Senin (31/8), pemasangan portal belum juga terlaksana, karena belum ada izin dari Dinas Perhubungan Pemko Medan.
Warga masyarakat sudah membuat konsep surat permohonan izin pemasangan portal ke Dinas Perhubungan.
Surat  langsung tertuju pada kantor Dinas Perhubungan Pemko Medan pada Selasa (1/9).
Perwakilan masyarakat, Ahmadi mengatakan,  pemasangan portal akan dilakukan pada dua lokasi, yakni di Jl Pancing 1 dan Jl Platina III sedangkan dana pembuatan portal berasal dari swadaya masyarakat.
Setelah portal dipasang, maka truk-truk kontainer dan trado bertonase tinggi tidak akan bisa melintasi Jl Pancing 1.
“Dana pembuatan dan pemasangan portal sudah terkumpul dan berasal dari swadaya masyarakat,” tutur Ahmadi.
Kata Ahmadi, Jl. Pancing I merupakan jalan kelas III-C dengan truk maksimal memiliki berat 8 ton dapat melintas.
Namun kenyataannya truk-truk trado dan kontainer bertonase tinggi malah setiap hari berseliweran. (m27)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2