Waspada
Waspada » Walubi Imbau Terapkan Hidup Sehat Dan Bersih
Medan

Walubi Imbau Terapkan Hidup Sehat Dan Bersih

Walubi. Walubi imbau terapkan hidup sehat dan bersih. Ilustrasi
Walubi. Walubi imbau terapkan hidup sehat dan bersih. Ilustrasi

MEDAN (Waspada): Dewan Pengurus Daerah Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) imbau untuk terapkan hidup sehat dan bersih.

Ajakan Walubi imbau terapkan hidup sehat dan bersih ini disampaikan Ketua Walubi Sumut dr Indra Wahidin didampingi Sekretaris Sutjipto, S T, M Pd B, Jumat (20/3) malam.

“Mencuci tangan secara rutin menggunakan disinfektan /sabun di air mengalir, berolah raga rutin, makan makanan bergizi, dan rumah ibadah diminta agar menyediakan tempat cuci tangan,” kata dr Indra Wahidin.

Imbauan ini disampaikan memperhatikan kondisi perkembangan penyebaran virus corona COVID-19 yang ditujukan kepada Ketua dan Pengurus Majelis Agama Buddha.

Kemudian, Ketua dan Pengurus Vihara, Ketua dan Pengurus Lembaga Keagamaan Buddha, Ketua dan Lembaga Yayasan Buddha, dan seluruh umat Buddha provinsi Sumatera Utara.

Indra Wahidin juga mengimbau agar menjaga ketenangan dan ketertiban publik, tidak melakukan pembelian bahan pokok secara berlebihan (penimbunan) yang dapat menyebabkan kelangkaan barang.

“Mengurangi kontak fisik dengan orang atau benda yang dapat menyebarkan penularan virus, menghindari kerumunan massa,” katanya.

Selanjutnya, menunda kegiatan keagamaan Buddha yang bersifat mengumpulkan umat dalam jumlah besar.

Memeriksakan diri ke dokter/puskesmas/rumah sakit terdekat jika terdapat gejala batuk dan demam disertai sesak nafas atau riwayat perjalanan/kontak dengan orang dari daerah terjangkit.

Menunda perjalanan keluar negeri atau tempat-tempat terjangkit serta semaksimal mungkin melakukan pekerjaan di rumah, belajar di rumah dan beribadah di rumah.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pemerintah mengerahkan seluruh kekuatan untuk menghadapi virus corona yang telah mewabah ke hampir 180 negara.

“Untuk mengatasi kesulitan ini. Baik permasalahan kesehatan dan masalah sosial ekonomi yang mengikutinya,” tegas Jokowi dalam konferensi pers, Jumat (20/3).

Kepada pemerintah daerah, Jokowi meminta penegakan protokol kesehatan yang ketat untuk mengurangi penularan covid- 19.

“Dan bagi daerah atau lingkungan yang telah terinfeksi agar membantu saudara-saudara yang terinfeksi untuk memberi bantuan,” tegas Jokowi. (m39)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2