Waspada
Waspada » Wali Kota Janji 5 Program Prioritas Harus Jalan Tahun Ini
Medan

Wali Kota Janji 5 Program Prioritas Harus Jalan Tahun Ini

WALI Kota Medan Bobby Nasution diabadikan bersama unsur Forkopimda usai penutupan Musrenbang. Wali Kota janji 5 program prioritas harus jalan tahun Ini. Waspada/ME Ginting
WALI Kota Medan Bobby Nasution diabadikan bersama unsur Forkopimda usai penutupan Musrenbang. Wali Kota janji 5 program prioritas harus jalan tahun Ini. Waspada/ME Ginting

MEDAN (Waspada): Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution menegaskan kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di jajaran Pemko Medan 5 program prioritas utama yakni kesehatan, kebersihan, infrastruktur, heritage dan penanganan banjir harus sudah dilaksanakan tahun ini.

“Saya minta 5 program prioritas ini harus sudah dilaksanakan tahun ini, bukan berarti program yang lain tidak penting. Sudah berulang kali saya sampaikan, target tahun ini harus lebih jelas. Jangan sekedar di mulut, tapi harus dilaksanakan,” kata Bobby ketika menutup Musrenbang RKPD Kota Medan, Rabu (31/3).

Di hadapan Wakil Wali Kota Aulia Rachman, Wakil Ketua DPRD Medan HT Bahrumsyah, pimpinan OPD dan camat yang hadir dalam Musrenbang tersebut menegaskan, pelaksanaan kelima program prioritas akan dilakukan pengawasan sehingga target yang telah ditetapkan jelas dan tercapai.

Menantu Presiden RI ini mengungkapkan, para pimpinan OPD selain melakukan kontrak kerja, juga diminta untuk membuat perjanjian. Dikatakannya, ada target yang harus dicapai pimpinan OPD minimal dalam tiga atau enam bulan guna memberhasilkan kelima program prioritas utama Pemko Medan.

“Jika dalam waktu tiga atau enam bulan ternyata tidak menunjukkan hasil, maka koreksi besar akan dilakukan. Hal ini bukan untuk menakut-nakuti, tapi agar sistem dapat berjalan dengan baik dan kerja kita ke depannya akan jauh lebih ringan,” tegasnya.

Laksanakan Amanah

Oleh karenanya, Bobby mengingatkan agar pimpinan OPD dam camat harus melaksanakan amanah yang telah diberikan dengan sebaik-baiknya. “Jadi, berikan kesan yang baik selama kita diberi amanah.

Tinggalkanlah kesan yang baik bagi warga Kota Medan, termasuk anak cucu kita,” pesannya.

Bobby menyatakan, dirinya tidak mau pelaksanaan Musrenbang ini menjadi kegiatan seremonial semata. Orang nomor satu di Pemko Medan itu, ingin semua program yang diusulkan telah melalui proses perencanaan secara baik, sehingga hasilnya tentunya akan jauh lebih baik. “Saya tidak mau hanya sekedar copy paste saja,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Kota Medan Irwan Ritonga dalam laporannya menjelaskan, pelaksanaan Musrenbang RKPD Kota Medan yang berlangsung selama dua hari diisi dengan diskusi pleno dan sidang kelompok diikuti sekitar 800 orang peserta berasal dari berbagai pemangku kepentingan di Kota Medan, baik secara tatap muka maupun melalui zoom meeting.

Irwan menerangkan, Musrenbang ini telah menghasilkan sebanyak 3.334 usulan yang diverifikasi dengan rincian sebanyak 1.932 usulan berasal dari kelurahan, 222 usulan dari kecamatan, 101 usulan dari forum perangkat daerah, 41 usulan dari stakeholder serta 1.038 usulan berasal dari pokok pikiran DPRD.

“Besarnya jumlah usulan yang masuk, menggambarkan tingginya antusias dan besarnya harapan masyarakat terhadap forum-forum perencanaan bottom up dan partisipatif yang kita laksanakan sekarang.

Di samping itu, banyak aspirasi masyarakat yang harus diakomodasi. Mengingat keuangan daearah terbatas, kepada OPD diharapkan bisa menyatukan dan menyelaraskan kebutuhan masyarakat dengan prioritas pembangunan kota,” harap Irwan.

Sebelum penutupan Musrenbang dilakukan, sejumlah perwakilan peserta secara simbolis melakukan penandatangan berita acara hasil kesepakatan bersama Kepala Bappeda, Wakil Ketua DPRD, narasumber yang merupakan akademisi dari Universitas Sumatera Utara (USU) serta Wali Kota Medan. (m26)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2