Wali Kota Ikuti Instruksi Gubsu Tutup Tempat Hiburan Malam

Wali Kota Ikuti Instruksi Gubsu Tutup Tempat Hiburan Malam

  • Bagikan
COVID-19. Covid-19 di Sumut tembus 31.000 kasus. Ilustrasi
COVID-19. Covid-19 di Sumut tembus 31.000 kasus. Ilustrasi

MEDAN (Waspada): Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution bersedia mengikuti instruksi Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi untuk menutup sementara seluruh kegiatan industri pariwisata atau tempat hiburan malam dalam rangka memutus penyebaran virus corona atau Covid-19.
Penghentian operasional sementara ini  dilakukan selama 14 hari terhitung mulai 18 – 31 Mei 2021.

“Kita sepakat untuk menutup sementara tempat hiburan malam sesuai instruksi pak Gubsu. Selain itu kita juga buat pengetatan aktivitas masyarakat, pakai masker, jaga jarak ditempat ramai. Restoran dibatasi 50 persen. Hiburan 18-31 Mei ditutup total. Kita keluarkan surat edaran, tempat hiburan tidak bisa beroperasi,” tegas Bobby Nasution, Rabu (19/5).

Bobby mengaku telah mendapat arahan dari Presiden dan Gubernur mengenai penyebaran Covid-19. Di mana, Bed Occupancy Ratio (BOR) mengalami peningkatan.

“Di Sumut pasti paling tinggi,. Untuk itu mari kita sama-sama menjaga kesehatan dan protokol kesehatan. Pemko juga berharap kepada kabupaten jika ada masyarakat yang masih bisa dirawat, ya dirawat di daerah masing-masing,” katanya.

Menurut dia, BOR di Kota Medan mencapai 75 persen, yang didominasi masyarakat luar Medan.

“Pak Gubsu juga sudah intruksikan rumah sakit di luar Medan dapat mendahulukan bila ada warga terpapar,” ungkapnya.

Formula

Mengenai hal ini, dia mengaku tengah mencari formula yang terbaik. Termasuk penyediaan rujukan rumah sakit untuk masyarakat luar Medan.

Terkait penutupan operasional tempat hiburan malam, dia mengingatkan agar pelaku usaha untuk menaatinya. Jika tidak akan ada sanksi tegas yang akan diberikan.

“Sanksi sudah dari kemarin, dari ada perwal, ada teguran pertama kedua ketiga sampai penutupan. Tadi saya minta dari kemaren, mana kira-kira tempat hiburan yang sudah kena teguran kita tutup,” tegasnya.

Selain penutupan tempat hiburan malam, Bobby juga belum mengizinkan pembukaan Kesawan City Walk (KCW) yang sebelumnya direncanakan kembali dibuka pada H+7 Idul Fitri.

“Untuk pembukaan KCW masih ditunda dulu mengingat ada instruksi Gubsu tentang pengetatan dan pembatas kegiatan dalam rangka menekan angka penyebaran virus corona atau Covid-19,” kata Bobby. (m26)

  • Bagikan