Wagub Ajak Masyarakat Ikut Serta Dalam Program Vaksinasi Nasional

  • Bagikan
VAKSIN COVID-19.Ilustrasi
VAKSIN COVID-19.Ilustrasi

MEDAN (Waspada): Dalam mencegah penyebaran Covid-19, Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam program vaksinasi nasional yang saat ini tengah digalakkan pemerintah.

“Untuk itu, isu-isu yang membuat masyarakat bingung perlu kita jelaskan, jika vaksin tidak ada untuk efek yang buruk untuk kesehatan, melainkan malah sangat baik untuk menangkal virus Covid-19,” ungkapnya pada Selasa (27/7).

Memang kata Wagub, bukan berarti orang yang telah menerima vaksin Covid-19 akan kebal dari infeksi virus corona. Namun sambung dia, vaksin dapat mencegah orang yang terpapar Covid-19 agar tidak memperparah kondisinya.

Sementara itu, terkait ketersediaan vaksin, Wagub mengatakan sampai saat ini pengiriman dari Kemenkes masih dilakukan secara bertahap ke Sumut yang disalurkan ke Dinas Kesehatan untuk didistribusikan kepada TNI-Polri dan Kabupaten/Kota yang melaksanakan vaksinasi.

“Soal vaksin pfizer dan moderna memang infonya bakal masuk di bulan Agustus. Tapi sampai sekarang kita masih menerima (vaksin) yang sinovac. Kita berharap pengiriman ini terus bertambah karena minat masyarakat untuk vaksin saat ini telah tinggi,” jelasnya.

Begitupun, dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19, selain vaksin, Wagubsu juga mengimbau masyarakat untuk tetap terus mematuhi protokol kesehatan serta terus menjaga imun tubuh. Sedangkan terkait PPKM, Wagubsu menyatakan, jika hal ini merupakan salah satu cara untuk mencegah penyebaran Covid-19, dan pemerintah juga menyadari kalau dampaknya secara ekonomi juga dirasakan masyarakat.

“Tapi melihat pentingnya kesehatan, kita harap masyarakat dapat memakluminya. Karena kalau kesehatan semakin parah, ekonomi akan semakin anjlok dan akan sulit bangkit kembali,” sebutnya.

“Jadi mohon dimaklumi dan kerjasama dari masyarakat, karena pemerintah tidak bisa bekerja sendiri. Yang pasti kita akan memikirkan jalan keluar bagaimana selanjutnya untuk mengatasi ekonomi masyarakat yang sulit ini,” tandasnya.(cbud)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *