Waspada
Waspada » Vaksinasi Disosialisasikan Ke Tokoh Agama, Adat Dan Tokoh Masyarakat
Medan

Vaksinasi Disosialisasikan Ke Tokoh Agama, Adat Dan Tokoh Masyarakat

MEDAN (Waspada): Untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi di Sumatera Utara (Sumut), berbagai cara dilakukan agar informasi soal vaksinasi ini sampai ke seluruh lapisan masyarakat.

Pemprovsu melakukan sosialisasi vaksin kepada tokoh agama, adat, dan juga tokoh masyarakat pada Jumat (5/3) di Aula Tengku Rijal Nurdin Kantor Gubernur Sumut.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmadi mengatakan target vaksinasi di Sumut mencapai  70 persen dari jumlah penduduk Sumut 15 juta penduduk lebih.
Dengan jumlah target ini, ia berharap vaksin harus  ada 10 juta vaksin di Sumut secara bertahap.
“Saat ini vaksin yang sudah ada di Sumut berjumlah  295 ribu. Tahapan yang sudah kita vaksin tenaga kesehatan kedua adalah lansia dan pekerja dan selanjutnya vaksin umum,” ucapnya.
Dikatakannya lebih lanjut sebenarnya hari ini sudah masuk tahapan vaksinasi para lansia yang ada di Sumut.
Tetapi sebelum mereka divaksinasi, pihaknya ingin bertemu terlebih dahulu sehingga nantinya para tokoh adat, agama dan agama menjadi corong untuk menyampaikan semuanya kemasyarakat.
Sementara itu, menyahuti sejumlah pertanyaan di antaranya apakah yang sudah terpapar covid-19 bisa divaksin atau tidak, ia menjelaskan bahwa yang sudah terkena covid dikatakannya awalnya tidak boleh divaksin.
Namun setelah ada kajian bahwa 3 bulan pasca terkena covid imun sudah turun sehingga bisa untuk itu di vaksin.
Khusus lansia dikatakannya akan dilakukan hingga 9 hari ke depan.
Terkaitt biaya, ia menegaskan semua sudah diatur, para lansia diharapkan partisipasinya agar mau divaksin.
Uptodate jumlah warga yang sudah divaksin sebanyak 148 ribu dari 295 ribu target.
“Kita harapkan 1 juta penduduk setiap hari divaksin, namun memang sulit begitupun kita terus berusaha agar seluruh warga Sumut divaksinasi,” tandas Edy. (cbud)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2