Waspada
Waspada » Usai Dilantik, Kadisdiksu Kunjungi Sultan Langkat
Medan

Usai Dilantik, Kadisdiksu Kunjungi Sultan Langkat

PROF Wan Syaifuddin didampingi istri, Dra Roma Ayuni A Loebis, MA diabadikan bersama Sultan Langkat, Tuanku Azwar Abdul Jalil Rahmadsah Al Haj didampingi istri Marina dan putranya, Tengku Ariefanda Aziz. Usai Dilantik, Kadisdiksu kunjungi Sultan Langkat. Waspada/Muhammad Ferdinan Sembiring
PROF Wan Syaifuddin didampingi istri, Dra Roma Ayuni A Loebis, MA diabadikan bersama Sultan Langkat, Tuanku Azwar Abdul Jalil Rahmadsah Al Haj didampingi istri Marina dan putranya, Tengku Ariefanda Aziz. Usai Dilantik, Kadisdiksu kunjungi Sultan Langkat. Waspada/Muhammad Ferdinan Sembiring

MEDAN (Waspada): Kediaman Sultan Langkat, Tuanku Azwar Abdul Jalil Rahmadsah Al-Hajj di Jl  Dr Mansyur Medan menjadi spesial di mata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sumatera Utara yang baru Prof Wan Syaifuddin.

Bagaimana tidak, usai dilantik menjadi kepala dinas Pendidikan Sumut, oleh Gubsu, Edy Rahmayadi, Kamis (18/2) , Prof Wan sapaan akrab Prof Wan Syaifuddin , MA, Ph.D memilih kediaman Sultan Langkat menjadi tempat pertama yang dikunjunginya.

“Ini adalah kunjungan pertama saya setelah dilantik,” kata Prof Wan Syaifuddin didampingi istri, Dra Roma Ayuni A Loebis, MA kepada Waspada di sela kunjungan ke rumah Sultan Langkat. Kehadiran Prof Wan bersama istri disambut Sultan Langkat, Tuanku Azwar Abdul Jalil Rahmadsah Al Haj didampingi istri Marina dan putranya, Tengku Ariefanda Aziz yang juga merupakan Komisaris PTT PPSU.

Dalam pertemuan itu, dunia pendidikan salah satu topik yang paling fokus diperbicangkan. Sultan Langkat Tuanku Azwar Abdul Jalil Rahmadsah Al-Hajj mengatakan, di tengah keterbatasan pemerintah, baik dari sisi anggaran, infrastruktur dan SDM, tidak boleh menjadi penghalang untuk mewujudkan pendidikan berkualitas di Sumut.

Dia mengatakan, urusan pendidikan harus betul-betul diseriusi sebagai prioritas kebijakan yang fundamental. “Bicara pendidikan itu bicara masa depan,” katanya. Dia menyakini, dengan latar belakang pendidikan dimiliki, Prof Wan akan mampu mengangkat kualitas pendidikan di Sumut.

Sultan Langkat mengakui, memang masih banyak permasalahan dunia pendidikan yang mesti dicarikan solusi. Terlebih di tengah pandemi Covid-19.

Meski demikian, Sultan berharap, dengan segala tantangan yang ada pendidikan di Sumut harus maju.

”Dulu di era saya untuk masuk ITB, UI, dan UGM tidak sulit, saya berharap hal bisa terulang kembali di era kepemimpinan Prof Wan,” katanya. Ia juga mendorong para siswa selain berprestasi di bidang pendidikan juga harus berprestasi di bidang olahraga.

“Peran sekolah sangat penting dalam mendukung penguatan talenta anak di bidang olahraga. Menurutnya, di lingkungan sekolah merupakan wadah awal dalam menjaring atlet-atlet muda,” katanya.Untuk itu, ia mendorong setiap sekolah mencetak atlet-atlet berbakat hingga tingkat nasional.

Prof Wan Syaifuddin mengapresiasi semua masukan disampaikan Sultan Langkat. Penguatan karakter dan budaya siswa dalam menggapai prestasi baik itu di bidang pendidikan maupun olahraga akan ditingkatkan. Prof Wan mengajak sekolah bersama-sama memberikan kontribusi dalam menciptakan atlet terbaik dari tingkat daerah hingga nasional.

Perhatian Serius

Kadisik juga mengakui, melalui pendidikan Indeks Pembangaunan Manusia (IPM) bisa meningkat, maka dari itu sektor pendidikan pasti akan menjadi perhatian seriuas pemerintah.

Karena itu, dibutuhkan kekompakan dan kebersamaan semua pihak. Termasuk, dukungan dari semua insan pendidikan yang ada di Sumut.

”Kita akan berusaha membuka cakrawala dan wawasan berpikir para siswa, serta mampu mengubah paradigma berpikir peserta didik tentang potensi diri. Dengan begitu, para guru tidak hanya menekankan nilai angka dan ijazah dalam setiap proses pendidikan,” katanya.

Dia mengatakan, dinas pendidikan, mendorong sekolah lebih inovatif dalam mengembangkan pendidikan

.”Cara-cara lama tidak bisa lagi dipakai untuk menghadapi tantangan baru. Kita sebagai orang yang diberikan amanah memajukan pendidikan di Sumut harus bisa berusaha sebaik-baiknya, semampu-mampunya, sekuat-kuatnya,” katanya.(m19)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2