UNIVA Medan Gelar   Workshop APS Dan Penguatan Mutu

UNIVA Medan Gelar Workshop APS Dan Penguatan Mutu

  • Bagikan
WAKIL Rektor 1, Dr. Hj. Hasnil Aida Nasution MA, mewakili Rektor UNIVA Medan Dr. H M Jamil MA bersama peserta dan pembicara dalam kegiatan. Waspada/ist
WAKIL Rektor 1, Dr. Hj. Hasnil Aida Nasution MA, mewakili Rektor UNIVA Medan Dr. H M Jamil MA bersama peserta dan pembicara dalam kegiatan. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Universitas Al Washliyah (UNIVA), Medan menggelar Penyusunan Instrumen Akreditasi Program Studi ( APS ) Dan Penguatan Mutu Kelembagaan.

Hal ini  disampaikan Wakil Rektor 1, Dr. Hj. Hasnil Aida Nasution MA, mewakili Rektor UNIVA Medan Dr. H M Jamil MA.

“Kegiatan berlangsung pada Selasa lalu di Aula UNIVA Medan,” kata Hj Hasnil Kamis (8/7).

Saat  kegiatan Workshop Penyusunan Instrumen Akreditasi Program Sudi ( APS).

Turut serta salam kegiatan, WR 2, WR3, Ka Biro UNIVA, Kepala LPM, Kepala LPPM, Dekan dan Wakil Dekan di lingkungan UNIVA,  Ketua dan sekretaris  Prodi yang terdiri dari 16 prodi,  Operator PT dan Fakultas.

Workshop ini juga dihadiri oleh 10 Perguruan Tinggi yang telah menjalin Kerjasama ( MOU ) dengan UNIVA.

Antara lain Universitas Harapan Medan, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Universitas Al Washliyah Labuhan Batu, STIE Al Washliyah Sibolga, AMB Belawan, STMIK Royal Kisaran, Stie IBBI Medan, Politeknik IT& B, Institute IT&B Medan dan STIT Al Washliyah Binjai.

Sebagai Nara sumber dalam workshop  Penyusuna Instrumen APS ini di sampaikan langsung oleh Sekretaris LLDikti Wilayah 1, Dr Mahriyuni M Hum.

Beliau banyak memberikan arahan dan Bimbingan tentang bagaimana menyusun dan mengisi instrumen APS, yaitu LKPS dan LED 9 kriteria yang memang ini berbeda dengan instrumen APS 7 standar.

Prodi diharapkan terus menjaga, mengawasi dan meningkatkan kwalitas terus menerus.

Perubahan Akreditasi dari 7 kriteria menjadi 9 kriteria dengan mengutamakn output mengharuskan agar program studi – program studi di Fakultas/Perguruan Tinggi  terus meng-update regulasi  secara berkesinambungan   dan terus  menjaga kualitas   guna  menghasilkan sarjana–sarjana yang unggul.

Diimplementasi

Di akhir materi, beliau juga menyampaikan bahwa dengan diberlakukannya Kurikulum Merdeka  Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ) yang telah digaungkan oleh Mendikbud, mulai akan diimplementasikan pada tahun 2022, kerjasama dengan Perguruan Tinggi dan pihak luar pun harus lebih diperkuat lagi.

Kata dia, peningkatan kuwalitas Perguruan Tinggi secara berkesinambungan dan terus menerus merupakan upaya UNIVA untuk mencapai tujuan menjadi Perguruan Tinggi yang terdepan dan memenuhi standar yang ditetapkan oleh Dikti.

UNIVA Medan terus berbenah diri di seluruh aspek seperti yang tercantum dalam 9 kriteria penilaian BAN PT dalam APT dan APS.(m22)

 

  • Bagikan