Univa Medan Gelar Pelatihan Pelayanan HAKI Bagi Pengurus Sentra KI Dan Civitas Akademika

Univa Medan Gelar Pelatihan Pelayanan HAKI Bagi Pengurus Sentra KI Dan Civitas Akademika

  • Bagikan
WAKIL Rektor I Univa Medan Dr. Hj. Hasnil Aida Nasution, MA berpoto bersama Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumut Erwedi SH, MH serta panitia dan pemateri dalam kegiatan. Waspada/ist
WAKIL Rektor I Univa Medan Dr. Hj. Hasnil Aida Nasution, MA berpoto bersama Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumut Erwedi SH, MH serta panitia dan pemateri dalam kegiatan. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Menindaklanjuti hasil Memorandum of Undsertanding (MoU) yang dilaksanakan antara Universitas AI Washliyah (UNIVA) Medan dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Sumatera Utara, belum lama ini digelar Pelatihan Pelayanan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) bagi Civitas Akademika serta Pengurus Sentra HAKI Universitas AI Washliyah (UNIVA) Medan.

Acara dihadiri Kakanwil Kemenkumham diwakili Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumut Erwedi SH, MH. Pelatihan dipandu,Surya Herdiansyah, SH.,M.H,selaku Dosen Fakultas Hukum Univa.

Acara dibuka oleh Rektor Univa Medan Dr. Jamil Siahaan, MA diwakili, Wakil Rektor l Dr. Hj. Hasnil Aida Nasution, MA.

Panitia kegiatan, Dekan Fakultas Hukum UNIVA Medan, H Syafril Warman, SH.MKn, Jumat (19/11) menyebutkan, acara berlangsung lancar dan setelah pelatihan ini akan dilaksanakan pelantikan kepengurusan Sentra KI UNIVA Medan oleh Kepala Kantor Wilayah KemenkumHAM Sumatera Utara.

Selanjutnya, Rencana Tindak Lanjut (RTL) dari pelantikan akan dilakukan berbagai kegiatan workshop, pelatihan dan sosialisasi.

Dia menambahkan, kegiatan seminar membahas Pelayanan Kekayaan Intelektual danPendaftaran Tekhnis Kekayaan Intelektual dengan pemateri antaranya,Yulius Manurung, SH.,MH selaku Kepala Bidang Layanan Hukum Kanwil  Kemenkumham Sumut, Dr. Dedi Iskandar Batubara, SH.,

S.Sos.,M.AP,Ketua Pimpinan Wilayah Al Washliyah Sumatera  Utara / Anggota DPD RI Perwakilan Sumut.Desy Anggerainy, SE.,M.AP selaku, Kepala Subbidang Pelayanan Kekayaan Intelektual Kanwil KemenkumHAM Sumut.

Berkat Elhan Harefa, SHKepala Subbidang Pelayanan Hukum, Bantuan Hukum dan Jaringan Dokumentasi Informasi  Hukum Kanwil Kemenkumham Sumut.

Rahmat Dan Anugerah

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham, Sumatera Utara Drs. Imam Suyudi, Bc.IPSH.,MHdiwakili,Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumut, Erwedi SH, MH menyebutkan,  potensi Kekayaan Intelektual (KI) di Indonesia yang tinggi merupakan rahmat dan anugerah bagi Kita, pengelolaan dan daya kreasi manusia merupakan kunci dalam pengembangannya.

Memasuki era industri 4.0  dengan inti digitalisasi dan akan segera bergeser menuju era society 5.0. Perkembangan ini merupakan momentum yang perlu ditangkap dan dimanfaatkan, terutama dalam mewujudkan Hak Kekayaan Intelektual(HAKI)mendorong ekonomi kreatif Indonesia.

KI, telah menjadi bagian penting dalam perkembangan perekonomian nasional dan keberadaannya menjadi semakin menarik untuk dikaji, karena perannya yang semakin menentukan terhadap laju percepatan pembangunan perekonomian nasional.

Berbagai jenis informasi mengenai peraturan maupun segala perkembangan terkini  mengenai praktek penerapan dan perlindungan KI menjadi isu yang semakin menarik untuk diperbincangkan dewasa ini. Menururnya, pada perkembangannya, KI tidak saja mencakup kekayaan intelektual yang bersifat personal dan konvensional, tetapi juga yang bersifat komunal.

Kekayaan Intelektual Komunal merupakan Kekayaan Intelektual yang dimiliki sepenuhnya oleh suatu kelompok masyarakat yang hidup di suatu tempat secara tetap.Kekayaan Intelektual merupakan kekayaan yang timbul atau lahir dari kemampuan intelektual manusia. Karya-karya yang timbul atau lahir.

“Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara telah berupaya dalam memberikan diseminasi dan promosi Kekayaan  Intelektual kepada seluruh lapisan masyarakat, pemerintah daerah,  perguruan tinggi, asosiasi/organisasi dan kelembagaan,”ungkapnya.

Dipelihara

Wakil Rektor l Univa Medan,Dr. Hj. Hasnil Aida Nasution, MA.  dalam sambutannya, mengatakan Sentra HAKI sangat dibutuhkan bagi sebuah Universitas.

Banyak produk, daya cipta dan karya Tri Darma Perguruan Tinggi dari civitas akademika seperti hasil penelitian, pengabdian masyarakat, karya cipta yang harus dipelihara.

“Semoga dengan adanya Sentra HAKI di Universitas AI Washliyah (UNIVA) Medan ini memacu dan memotivasi bagi civitas akademika Univa Medan terutama dosen untuk bisa Iebih banyak menghasilkan daya cipta yang juga ini dapat meningkatkan mutu Universitas AI Washliyah (UNIVA) Medan,” katanya.

Di akhir sambutannya ia berharap agar kerjama dengan Kemenkumham Sumut terus berlanjut dengan program berikutnya.(m22)

  • Bagikan