Waspada
Waspada » Unimed Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Program RPL
Medan

Unimed Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Program RPL

REKTOR Unimed Dr. Syamsul Gultom. Waspada/ist
REKTOR Unimed Dr. Syamsul Gultom. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Universitas Negeri Medan (Unimed) mulai tahun akademik 2021 akan melaksanakan program Rekognisi Pembelajaran Lanjut (RPL) yang merupakan salah satu program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Program ini merupakan pengakuan kompetensi hasil belajar dari pembelajaran nonformal, informal, dan pengalaman kerja ke capaian hasil belajar pembelajaran formal. Program RPL ini ditujukan untuk jenjang sarjana dan magister (non vokasi).

Program RPL ini diperuntukkan bagi masyarakat pekerja yang memiliki keahlian, sertifikat profesi keahlian, dan pengalaman kerja, namun belum memiliki ijazah S1/S2. Sertifikat keahlian, profesi dan pengalaman akan disetarakan dan dikonversi dengan SKS akademik di kampus, berapa sisa SKS yang diwajibkan sebagai syarat menerima ijazah S1/S2 akan dilanjutkan kuliah di kampus.

Jadi mahasiswa baru program RPL akan kuliah di kampus sisa SKS saja, setelah keahlian dan pengalaman kerja dikonversi dalam SKS.

Sambut Baik

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom (foto) menyambut baik program RPL yang diinisasi oleh Kemdikbudristek.

“Unimed sebagai salah satu perguruan tinggi yang terakreditasi Unggul di Sumatera Utara akan melaksanakan program RPL ini untuk membantu orang-orang yang mempunyai pengalaman kerja tetapi secara teoritis dan kualifikasi pendidikannya belum diakui dengan gelar,” ujar Rektor.

Syamsul mengatakan bahwa program RPL di Unimed akan dilaksanakan di Sembilan prodi sarjana dan satu prodi magister.

“Kami telah menyiapkan prodi-prodi yang akan melaksanakan program RPL yang terbagi di sembilan prodi sarjanan yakni prodi Sastra Inggris, prodi Teknik Sipil, prodi Teknik Elektro, prodi Manajemen, prodi Akuntansi, prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, prodi Pendidikan Luar Sekolah (Pendidikan Masyarakat), prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, dan prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Selain di program sarjana kami juga akan melaksanakan RPL di program Magister Administrasi Pendidikan,” jelas Rektor.

Dr. Syamsul juga menjelaskan bahwa ada 4 skema dalam RPL ini, yakni pertama Calon adalah mahasiswa program sarjana yang putus kuliah bukan karena alasan akademik dan akan melanjutkan kembali studinya.

Kedua Calon adalah lulusan SMA atau sederajat dengan pengalaman kerja dan akan melanjutkan studi pada program sarjana.

Ketiga Calon adalah lulusan D1/D2/D3 dengan pengalaman kerja dan akan melanjutkan studi pada program sarjana, dan terakhir Calon adalah lulusan sarjana dengan pengalaman kerja dan akan melanjutkan studi pada program magister.

Rektor berharap dengan program ini akan membantu masyarakat yang telah bekerja atatupun yang sudah pernah kuliah dan lulusan SMA dapat kembali mengikuti Pendidikan dan mendapat pengakuan secara akdemik, sehingga mereka dapat meniti karir yang lebih baik lagi kedepannya.

Untuk informasi dan daftar perguruan tinggi penyelenggara, peminat dapat mengakses tautan rpla.kemdikbud.go.id.(m19)

 

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2