UMSU “Hatrick” Juara Kampus Terbaik LLDikti Sumut

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) berhasil meraih hatrick juara umum terbaik perguruan tinggi swasta di lingkungan Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Sumut.

Hasil monitoring dan evaluasi LLDIkti Sumut yang diumumkan, Kamis (9/12) di Medan, menempatkan UMSU kembali meraih juara umum terbaik Tahun 2021 dari 191 perguruan tinggi swasta di Sumut.

Hal ini berarti UMSU berhasil mempertahankan juara umum dalam Monev perguruan tinggi swasta terbaik versi LLDIkti, Sumut selama tiga tahun berturut-turut, yakni, Tahun 2019, 2020 dan 2021.

Piagam penghargaan sebagai PTS yang terbaik Monev mutu perguruan tinggi swasta diberikan langsung Kepala LLDikti, Prof. Dr. Ibnu Hajar Damanik, M.Si didampingi Sekertaris, Dr. Mahriyuni, M.Hum kepada Rektor UMSU, Prof. Dr Agussani, MAP dalam acara Sosialisasi dan Evaluasi Monitoring Mutu yang digelar di Medan.

UMSU berhasil mempertahankan posisi terbaik PTS di Sumut yang diraih sebelumnya pada 2019.dan 2020. Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi (Monev) mutu, UMSU sukses memborong empat juara satu dari tujuh kategori serta tiga juara 2 berdasarkan standar penilaian yang dilakukan LLDikti Sumut.

LLDikti Sumut menggunakan tujuh kategori sebagai indikator penilaian meliputi, kategori arsitektur, sistem penjaminan mutu internal, pelaksanaan Merdeka belajar Kampus Merdeka ( kampus merdeka), , sumber daya manusia. Selanjutnya kategori tiga dosa dan anti kprupsi, publikasi dan kategori link and match.

Kepala LLDikti Sumut, Prof. Dr. Ibnu Hajar Damanik, M.Si diwakili Sekertaris, Dr. Mahriyuni, M.Hum mengungkapkan, apresiasi dan selamat kepada UMSU yang tiga kali berturut berhasil mempertahankan juara dalam monitoring dan evaluasi LLDikti Sumut,” katanya.

Menurut dia, capaian prestasi UMSU luar biasa karena sesungguhnya mempertahankan jauh lebih sulit daripada meraih yang terbaik.

“UMSU mampu mempertahankan prestasi, ini saya kira luar biasa,” katanya.

Prestasi yang diraih UMSU, jelasnya, merupakan bukti komitmen dan konsistensi UMSU dalam menjalankan sistem penjaminan mutu internal. Hal ini bisa jadi model untuk diikuti kampus-kampus lain.

Diharapkan melalui pemberian penghargaan kepada perguruan tinggi bisa menjadi motivasi sekaligus bisa jadi sarana untuk saling belajar demi kemajuan bersama.

“Diharapkan dengan pemberian penghargaan Monev Mutu LLDikti akan menjadi motivasi bagi perguruan tinggi swasta untuk berlomba-lomba meningkatkan kualitas pendidikan di Sumatera Utara,” katanya.

Hasil Pendampingan

Sementara Rektor UMSU, Dr Agussani MAP mengatakan, prestasi sebagai juara umum Monev Mutu yang diraih perguruan tinggi yang dipimpinnya merupakan hasil pendampingan yang selama ini dilakukan pihak LLDikti Wilayah 1 Sumut.

“Prestasi yang diraih UMSU selama ini termasuk dalam juara umum Monev Mutu tidak terlepas dari pendampingan yang dilakukan LLDikti Wilayah I Sumut,” katanya.

Selain itu tentu, tidak terlepas dari kerja keras dan komitmen seluruh sivitas akademika yang bahu membahu meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan sesuai kriteria standard Monev Mutu Tri Darma Perguruan Tinggi LLDikti Wilayah I Sumut.

Prestasi yang diraih UMSU sekaligus menjadi motivasi tersendiri bagi UMSU dalam kualitas pelayanan pendidikan sesuai tuntutan sembilan standard.

“Raihan prestasi UMSU yang mampu mempeetahankan posisi sebagai juara umum Monev Mutu LLDikti Sumut dari 191 perguruan tinggi swasta di Sumut menjadi motivasi tersendiri untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan UMSU ke depannya,” katanya.(m19)

Waspada/ist
Kepala LLDikti, Prof. Dr. Ibnu Hajar Damanik, M.Si didampingi Sekertaris, Dr. Mahriyuni, M.Hum menyerahkan tropy kepada Rektor UMSU,Prof. Dr Agussani, MAP sebagai kampus terbaik.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *