Waspada
Waspada » UMA Edukasi Petani Kota Olah Lahan Pekarangan
Medan

UMA Edukasi Petani Kota Olah Lahan Pekarangan

Ketua Tim PKM UMA Ir Rzal Aziz, MP, dampingi anggota Ir Asmah Indrawati, MP, Ir A Rahman, MS dan Korlap M Usman, SSi menyerahkan bantuan alat pertanian kepada Ketua PKK Medan Perjuangan Nurhayati. Waspada/ist
Ketua Tim PKM UMA Ir Rzal Aziz, MP, dampingi anggota Ir Asmah Indrawati, MP, Ir A Rahman, MS dan Korlap M Usman, SSi menyerahkan bantuan alat pertanian kepada Ketua PKK Medan Perjuangan Nurhayati. Waspada/ist

MEDAN (Waspada); Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Fakultas Pertanian UMA mendampingi petani kota sesuai tren pertanian perkotaan (urban farming) yang meningkat beberapa tahun terakhir. Pertanian memanfaatkan lahan pekarangan di kota, termasuk rumah dan perkantoran merupakan salah satu solusi untuk penguatan ketahanan pangan keluarga.

Kelurahan Medan Perjuangan, Kecamatan Medang Perjuangan merupakan salah satu Kelurahan memiliki pertanian perkotaan dengan melakukan budidaya secara vertikultur sendiri sejak tahun 2010 dengan pendampingan pemerintah kota Medan bidang Ketahanan Pangan.

Demikian disampaikan Ketua PKM Ir Rizal Aziz, MP didampingi anggota PKM Ir Asmah Indrawati, MP, Ir A Rahman, MS dan Korlap M. Usman, SS kepada wartawan di Kampus UMA I Jl Kolam No 1 Medan Estate.

Pendampingan dimulai dari bulan Juni sampai dengan Bulan September 2020. Dia menjelaskan hasil survei dilakukan tim, kelompok tani memiliki permasalahan di Kecamatan Medang Perjuangan umumnya penggunaan media tanam dari sedimen parit kota.

Sedimen parit merupakan limbah komunal, dikahawatirkan mencemari tanaman dan membuat kesehatan mengkonsumsi memburuk.

Selain itu, juga pemicu banjir ketika turun hujan. Masyarakat sendiri belum paham mengolah kompos sebagai media taman hortikultura.

Pelatihan

Melalui PKM ini dosen UMA memberikan pelatihan kepada warga Medan Perjuangan agar mampu mengolah tanah sedimen parit menjadi kompos.

Metodenya pengolahan tanah seedimen dengan mengunakan arang aktif. Kemudian proses pembuatan arang aktif dan melakukan aktifasi dengan larutan HCL. 2 Normalitas, 3 Pemisahan arang aktif dari tanah dan pegeringan kembali.

4. Aplikasi tanah sedimen hasil olahan menjadi media tanam tanaman Hortikultura. 5. Pelatihan yang akan dilakukan Juni sampai September 2020 ini teknik merawat dan pengendalian tanaman hoertikultura dari serangan hama dan penyakit secara organic.

Pada Kesempatan itu, Ketua Tim PKM UMA Ir Rizal Aziz, menyerahkan sejumlah alat dan bahan mendukung kegiatan pertanian Kota di Kecamatan Medan perjuangan.

Tujuan dari kegiatan ini dalam pendampingan masyarakat tani kota, sehingga terbentuknya pertanian kota.
Rizal Aziz mengatakan untuk mendukung keberlanjutan kegiatan PKM, pihaknya dan tim menyerahkan beberapa paket alat pertanian dan bibit serta beragam alam pertanian. TIM PKM UMA juga mengapresiasi dukungan dari Kemenristek yang telah memberikan dana kegiatan PPM dan yayasan UMA. (m19)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2