Waspada
Waspada » UMA-Desa Namo Mbelin Teken MoU Desa Binaan
Medan

UMA-Desa Namo Mbelin Teken MoU Desa Binaan

Tim Dosen UMA bersama warga Desa Binaan. Waspada/ist
Tim Dosen UMA bersama warga Desa Binaan. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Dalam mendukung Tridarma Perguruan Tinggi serta Kinerja Pengabdian kepada Masyarakat, LP2M Universitas Medan Area (UMA) teken MoU dengan Desa Namo Mbelin, Kec. Namorambe, Kab. Deliaserdang, Sabtu, 17 Oktober 2020.

Penandatanganan MoU dilakukan Wakil Rektor Bid. Informasi dan Kerjasama Dr Ir Zulheri Noer, MP dengan Kepala Desa Namo Mbelin Tenang Sembiring.

Ini juga disaksikan oleh Ka LP2M Dr Ir Sumihar Hutapea, MS dan Ka. Pusat PKM Ir Asmah Indrawati, MP, Eky Ermal, SE, MSi, M Fin selaku Sekretaris LP2M dan Yuni Syahputri, SE,MSi Sekprodi Manajemen, dosen tim PKM dan mahasiswa UMA serta perangkat desa dan masyarakat setempat.

Acara diisi pemberian cinderamata dari UMA dan diakhiri dengan foto bersama. Selanjutnya dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh Tim Dosen dengan mengadakan penyuluhan dengan berbagai tema.

Ini sesuai dengan potensi dan kegiatan masyarakat yang sedang berkembang di Desa Namo Mbelin.
Tema yang disampaikan adalah mengenai padi, palawija, pepaya, kerajinan tangan, jamur, wisata sungai dan Bumdes.

Wakil Rektor IV Bidang Informasi dan Kerjasama, Dr Ir Zulheri Noer MP, menyampaikan bahwa kedatangan tim UMA ini untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Salah satunya Pengabdian kepada Masyarakat dan juga pelaksanaan MoU dengan Desa Namo Mbelin. Dr Ir Zulheri Noer, MP juga menanggapi salah satu masalah yang terjadi di Desa Namo Mbelin, yaitu banyakya Penyakit pada tanaman Pepaya PRSV (papaya ringspot virus).

Papaya ringspot virus (PRSV) merupakan penyebab penyakit bercak cincin dan pada serangan parah bercak menebal dan mengeras coklat serta buah tidak enak dimakan.

Pada kesempatan ini WR Bid. Informasi dan Kerjasama menyampaikan bahwa desa Namo Mbelin diharapkan dapat menjadi wadah untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat dan mencarikan solusi dari permasalahan yang ada di desa, baik dalam hal pertanian, pemasaran, bumdes, dll.

Sambut Baik

Kepala Desa Namo Mbelin Tenang Sembiring menyambut baik maksud dan tujuan kedatangan tim dan berharap semoga kerjasama ini dapat berkesinambungan dengan baik dengan menerapkan Prinsp‘’Win Win Solution”, dengan harapan kerjasama ini akan saling menguntungkan kedua belah pihak.

Kepala LP2M UMA, Dr Ir Sumihar Hutapea, MS menyampaikan maksud dari kedatangan tim Pengabdian UMA untuk mencari solusi dari permasalahan yang ada di desa, baik permasalahan budidaya tanaman palawija, padi, sayuran, pemasaran, infrastruktur serta melakukan pemberdayaan kepada masyarakat desa.

Selanjutnya Ka LP2M menyampaikan ini pertama kalinya Tim PKM terdiri dari berbagai disiplin ilmu untuk bersama-sama turun dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

Dengan komposisi tim seperti ini, akan terjalin kerjasama yang baik sesama dosen dari berbagai Fakultas, sehingga kualitas penyuluhan pun sangat dirasakan oleh kelompok masyarakat, karena mereka saling melengkapi satu dengan lainnya.

Sebelum ke Desa Namo Mbelin tim LP2M UMA ini juga berkunjung ke Desa Deli Tua dan disambut baik oleh Kepala Desa Deli Tua, Tongat Ginting, S.Pd, yang diwakili oleh Ibu Kepala Desa selaku Ketua PKK.
Dia berharap kegiatan pengabdian ini dapat berlangsung secara berkesinambungan. (m19)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2