UKMPPD Capai 89 Persen, FK UMSU Yudisium 96 Dokter

UKMPPD Capai 89 Persen, FK UMSU Yudisium 96 Dokter

  • Bagikan
REKTOR UMSU, Prof Dr Agussani diabadikan bersama lulusan terbaik dan pimpinan FK UMSU. Waspada/ist
REKTOR UMSU, Prof Dr Agussani diabadikan bersama lulusan terbaik dan pimpinan FK UMSU. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FK-UMSU) menggelar Yudisium dan Pengambilan Sumpah Dokter angkatan ke-XXV yang diikuti sebanyak 96 dokter dan digelar secara daring, Jumat (20/8).

Rektor UMSU Prof. Dr. Agussanai MAP menyampaikan apresiasi atas kerja keras serta upaya sungguh-sungguh dari pihak fakultas sehingga berhasil meluluskan 96 mahasiswa pada Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) yang hari ini mengikuti yudisium. Jumlah ini sanggat menggembirakan karena dari hasil UKMPPD kelulusan mahasiswa FK-UMSU mencapai 89 persen.

“Ini menjadi prestasi yang sangat bagus. Terima kasih kepada orang tua yang telah memberi kepercayaan kepada FK UMSU untuk mendidik anak-anak menjadi doker yang siap memberikan pelayanan terbaik,” kata Agussani saat memberikan sambutan.

Menurut Rektor, tingginya angka kelulusan UKMPPD mahasiswa FK UMSU merupakan sebuah prestasi dan merupakan kerja keras dan kerja cerdas seluruh tim di FK-UMSU dalam mendidik mahasiswa FK-UMSU yang memiliki ciri sebagai dokter Islami.

Terkait dengn penciri dokter Islami itu, Agussani menjelaskan ada tujuh ciri yang dipersiapkan, mulai dari kemampuan memecahkan masalah yang komplek, kemampuan komunikasi yang baik, kemampuan bekerjasama dengan orang lain, memiliki kecerdasan emosional, memiliki kemampuan menilai dan mengambil keputusan dengan baik. Dokter Islami itu, kata Agussani juga berorientasi terhadap pelayanan dan memiliki kemapuan public speaking.

Rektor menyebut, FK-UMSU akan terus mengalami perkembangan dengan pembukaan program studi baru dan pembukaan program spesialis. Penambahan beberapa program studi dan program spesialis itu merupakan jawaban atas kebutuhan tenaga dokter yang profesional.

Teknologi Kedokteran

Sementara itu, Dekan FK-UMSU Prof. Gusbakti Rusip mengatakan kelulusan 96 mahasiswa FK UMSU pada UKMPPD merupakan satu kebanggaan bagi UMSU karena mereka lulus ujian UKMPPD di tengah kondisi Covid-19. untuk itu para lulusan yang telah mengambil sumpah diharapkan untuk dapat berperan aktif memerangi Covid-19.

Pada kegiatan Yudisium dan Pengambilan Sumpah dokter itu, lulusan terbaik angkatan ke XXV dr. Ariq Muflih Hasibuan yang lulus dengan IPK 3,97. Sementara salah seorang alumni dr. Muhammad Al-Anas yang juga pernah terpilih sebagai mahasiswa berprestasi Kopertis Wilayah Sumut mengaku bangga sebagai alumni FK UMSU. ” Saya bangga menjadi alumni FK-UMSU yang telah mendidik menjadi dokter berciri Islami,” kata Anas yang sukses memenangkan berbagai kompetisi di bidang medis.

Mengawali kegiatan Yudisium, Dekan I FK UMSU dr. Siti Masliana Siregar menjelaskan, berdasarkan hasil uji kompetensi mahasiswa program studi pendidikan kedokteran (UKMPPD) diputuskan sebanyak 96 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Dokter dinyatakan lulus dan berhak untuk mengangkat sumpah dokter. (m19)

  • Bagikan