Waspada
Waspada » UKM FKMI Terima Sertifikat Izin Usaha
Medan

UKM FKMI Terima Sertifikat Izin Usaha

KETUA FKMI, Hj Revita Lubis bersama Kordinator Novit dan Tim UKM berfoto bersama Kadiskes Kota Medan, Edwin Efendi saat penyerahan sertifikat. UKM FKMI terima tiga sertifikat izin usaha. Waspada/Anum Saskia
KETUA FKMI, Hj Revita Lubis bersama Kordinator Novit dan Tim UKM berfoto bersama Kadiskes Kota Medan, Edwin Efendi saat penyerahan sertifikat. UKM FKMI terima tiga sertifikat izin usaha. Waspada/Anum Saskia

MEDAN (Waspada): Para pemilik dan pengelola usaha yang bergabung di Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Forum Komunikasi Muslimah Indonesia (FKMI) Sumatera Utara, telah terima tiga sertifikat izin usaha yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Kota Medan.

UKM FKMI terima tiga sertifikat izin usaha Produk Industri Rumah Tangga atau PIRT, yakni sertifikasi perizinan bagi industri yang memproduksi makanan dan minuman dengan skala rumahan.

Kemudian, sertifikat Laik Sehat dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Kota Medan.

Dengan selesainya pengurusan izin ini, maka pengelola usaha yang bergabung di UKM FKMI, bisa merasa lega, karena usaha yang digeluti sudah diakui oleh instansi terkait dan lebih mudah diterima masyarakat.

Penyerahan sertifikat Pirt dan Laik Sehat, serta PKRT oleh Ketua FKMI Sumut, Hj Revita Lubis bersama Kordinator UKM, Novit, Kamis (22/10).

Revita Lubis menyampaikan selamat kepada pengelola UKM di FKMI yang sudah memiliki sertifikat Pirt dan Laik Sehat serta PKRT.

Dengan begitu, nilai usaha yang dikelola semakin tinggi dan lebih diterima pasar sebab sudah dilengkapi sertifikat terkait kelayakan usaha.

“Karenanya, para member FKMI yang belum memiliki ijin yang dibutuhkan dalam pengelolaan usaha, bisa berkordinasi dengan Kordinator UKM. “Akan dibantu proses pengurusan izin,” kata Revita Lubis.

Apresiasi

Kadis Kesehatan Kota Medan, Dr H Edwin Efendi memberi apresiasi kepada FKMI Sumut, yang membimbing anggota dalam UKM, untuk memiliki Pirt dan laik sehat.

“Sertifikasi ini sangat penting dalam pengelolaan usaha dan sangat bermanfaat. Apalagi era digitalisasi seperti ini, sertifikat itu turut mendukung pengembangan usaha,”kata Edwin.

Hal lain yang membuat dia mengapresiasi FKMI, sangat gigih dalam mengurus ijin yang sangat diperlukan dalam pengelolaan usaha.

“Kelompok atau organisasi yang mendorong pengurus dan anggotanya dalam berkegiatan usaha akan lebih mudah terealisasi. Upaya UKM FKMI memajukan usaha yang dikelola, diharapkan menjadikan pemilik usaha lebih maju dan bersaing dengan sehat terhadap pengusaha lainnya,” kata Edwin.

Sebelumnya, Kordinator UKM FKMI Sumut,Novit, menyebutkan proses pengurusan ijin tidak sulit. Namun dengan pengurusan secara kolektif ini terasa lebih mudah karena semua saling mendukung.

“Semua anggota UKM FKMI Sumut harus memiliki ijin terkait pengadaan usaha. Jika belum ada, akan dibantu tata cara pengurusanya,” kata Novit.

Dia sembari menyebutkan akan terus mendorong pelaku UKM di FKMI mengantongi berbagai izin usaha agar lebih bisa go public terutama menyiasati kondisi masa Pandemi Covid -19 saat ini. (m22)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2