UISU-Pemkab Langkat Gagas Laboratorium Sosial Pertama Di Sumut  

  • Bagikan
REKTOR UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, M.AP menerima cendermata dari Sekda Kabupaten Langkat dr. H. Indra Salahuddin, M.Kes, MM. Waspada/ist
REKTOR UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, M.AP menerima cendermata dari Sekda Kabupaten Langkat dr. H. Indra Salahuddin, M.Kes, MM. Waspada/ist

MEDAN (Waspada)-Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) bersama Pemkab Langkat kini tengah menggagas pembentukan laboratorium sosial di Kabupaten Langkat yang akan menjadi laboratorium Sosial Pertama di Sumatera Utara.

Pembahasan gagasan dan konsep laboratorium sosial itu disampaikan dalam pertemuan antara UISU dengan Pemkab Langkat, belum lama ini.

Hadir dalam pertemuan itu, Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, M.AP, Ketua Lembaga Penelitian, Prof. Dr. Ir. Nurhayati, M.P, Ketua Pusat Studi Sejarah, Budaya, dan Kearifan Lokal Dr. Dahlena Sari Marbun, M.Ed, Dekan FKIP Prof. Hasrita Lubis, Ph.D.

Juga dosen muda Yasir Maulana Rambe, M.Pd dan tidak ketinggalan Abdul Hafiz, M.Ag selaku Ketua Umum Lembaga Masyarakat Hukum Adat Teluk Aru Besitang sebagai perwakilan dari masyarakat Langkat sekaligus menjadi bagian dari tim Laboratorium Sosial Universitas Islam Sumatera Utara.

Mewakili Pemkab Langkat hadir Sekda Kabupaten Langkat dr. H. Indra Salahuddin, M.Kes, MM serta sejumlah pimpinan OPD di Kabupaten Langkat, diantaranya Kadis Pendidikan, Dr. H. Saiful Abdi, SE, M.Pd, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Drs. Tengku Muhammad Auzal, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Drs. Sukhyar Muliamin, M.Si serta Kabag Perekonomian dan SDA Nuriansyah Putra, M.Si.
Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP, Kamis (12/8) di Medan mengatakan,  Laboratorium Sosial merupakan salah satu bentuk aktualisasi dari Rencana Strategis UISU  memberikan dampak positif bagi perkembangan ilmu pengetahuan serta mampu memberikan efek positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kabupaten Langkat.

Dipilihnya Kabupaten Langkat, jelas Rektor tidak terlepas dari sejarah panjang dan aspek kebudayaan Melayu yang mengakar kuat di Kabupaten Langkat.

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Pada kesempatan yang sama, Ketua Lembaga Penelitian UISU Prof, Dr. Ir. Nurhayati, M.P juga menyampaikan bahwa besarnya potensi sejarah yang ada di Kabupaten Langkat sangat menguntungkan bagi pengembangan ekonomi pariwisata.

Pada akhirnya akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.  Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Pusat Studi Sejarah, Budaya, dan Kearifan Lokal, Lembaga Penelitian UISU sejak Februari 2021 sampai Juli 2021 dihasilkan  tiga  kluster yang akan menjadi Laboratorium Sosial.

Kepala Pusat Studi Sejarah, Budaya, dan Kearifan Lokal UISU Dr. Dahlena Sari Marbun, M.Ed menjelaskan bahwa Laboratorium Sosial merupakan sebuah laboratorium yang unik dan belum pernah ada sebelumnya di Sumatera Utara. Laboratorium Sosial menjadikan manusia dan lingkungannya beserta segala aspek yang menyertainya sebagai objek pengkajian dan pengembangan.

Sekda Langkat dr. H. Indra Salahudin, M.Kes, M.M menyampaikan salah satu yang potensial  untuk Laboratorium Sosial  adalah sumur minyak pertama di Indonesia yang terdapat di Desa Telaga Said, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat.

Sekda Langkat  menyambut baik gagasan Laboratorium Sosial  karena sejalan dengan visi misi Bupati Langkat dalam upaya pengembangan masyarakat baik dari segi pengembangan Sumber Daya Manusia melalui pelatihan-pelatihan dan edukasi, pengembangan ekonomi kreatif dan pariwisata, serta pengembangan ilmiah. Laboratorium Sosial sendiri rencananya akan di Launching pertama kali pada tanggal 17 Januari 2022 bertepatan dengan hari ulang tahun Kabupaten Langkat yang ke  272. (m19)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *