UISU Menangkan Hibah PKKM Afirmasi 2021

  • Bagikan
REKTOR UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP bersama Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU Prof. Ismet Danial Nasution, drg., Ph.D., Sp.Pros(K)., FICD, Sekretaris Umum Ir. Indra Gunawan MP dan Kepala LLDikti Wilayah 1, Prof. Ibnu Hajar MSi dalam kegiatan Upgrading guna melakukan percepatan Langkah-langkah UISU menuju PTS unggul belum lama ini. Waspada/ist
REKTOR UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP bersama Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU Prof. Ismet Danial Nasution, drg., Ph.D., Sp.Pros(K)., FICD, Sekretaris Umum Ir. Indra Gunawan MP dan Kepala LLDikti Wilayah 1, Prof. Ibnu Hajar MSi dalam kegiatan Upgrading guna melakukan percepatan Langkah-langkah UISU menuju PTS unggul belum lama ini. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Universitas Islam Sumatera utara (UISU) menorehkan prestasi di tingkat nasional. Kali ini UISU menjadi salah satu PTS di Indonesia yang berhasil memenangkan hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Afirmasi 2021 yang dilaksanakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI.

Berdasarkan pengumuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 0793.E.E1/KM.02.01/2021 disebutkan bahwa berdasarkan seleksi program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Afirmasi oleh Dirjen Pendidikan TInggi, RIset dan Teknologi UISU merupakan salah salah satu Perguruan Tinggi Swasta Penerima bantuan PKKM Afirmasi tahun anggaran 2021. Dalam pengumuman itu dijelaskan hanya 69 PTS yang lolos seleksi PKKM Afirmasi 2021.

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP kepada wartawan,K Senin (22/11) mengaku bersyukur atas pencapaian yang diperoleh UISU. “Ini membuktikan bahwa UISU mampu bersaing di tingkat nasional dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia. Alhamdulillah ini menjadi semangat dan momentum untuk kemajuan UISU di masa mendatang,”ujarnya.

PKKM Afirmasi 2021 merupakan program untuk meningkatkan pelaksanaan transformasi Pendidikan tinggi serta mengakselerasi pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) bagi perguruan tinggi swasta dengan menerapkan azas keadilan dan afirmatif. Indikator kinerja utama (IKU) perguruan tinggi merupakan ukuran atau bisa disebut juga sebagai indikator kinerja dari sebuah instansi pendidikan sebagai upaya untuk membuat instansi fokus mencapai target dan tujuan tertentu.

Perumusan IKU oleh Kemendikbud bertujuan untuk memudahkan setiap instansi pendidikan dalam meraih target dan melakukan perbaikan kualitas. Selain itu memberi kemudahan untuk mengukur perkembangan yang berhasil dicapai oleh instansi pendidikan tersebut. Adapun kedelapan IKU yang ditetapkan pemerintah yakni; Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak; Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus; Dosen Berkegiatan di Luar Kampus; Praktisi Mengajar di Dalam Kampus; Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat; Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia; Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif; Program Studi Berstandar Internasional.

Secara terpisah, Dekan FKIP UISU Prof. Dr. Hasrita Lubis, M.Pd menjelaskan prodi yang lolos dalam PKKM Afirmasi 2021 yakni Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi FKIP UISU. Pihaknya berharap, dengan lolosnya pengusulan hibah PKKM 2021 dapat mempercepat pencapaian IKU Prodi Pendidikan matematik dan Pendidikan Biologi UISU.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU Prof. Ismet Danial Nasution, drg., Ph.D., Sp.Pros(K)., FICD secara terpisah mengucapkan selamat atas lolosnya UISU menjadi salah satu PTS yang mendapat hibah PKKM Afirmasi 2021. Menurut Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU, keberhasilan itu harus menjadi spirit bagi selutuh civitas akademika UISU untuk mewujdukan visi UISU menjadi Perguruan tinggi yang islami, andal, teruji, bermartabat mulia, dicintai masyarakat dan diridhoi Allah SWT.

Pihaknya berharap, dana hibah yang diterima UISU khususnya untuk prodi pendidikan Biologi dan Pendidikan Matematika dapat dipergunakan semaksimal mungkin sesuai dengan tujuan PKKM Afirmasi 2021 dalam rangka pencapaian Iku Perguruan Tinggi. (m19)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *