Waspada
Waspada » Tokoh Pejuang Masjid Dan Pembela Kaum Dhuafa Meninggal Dunia
Medan

Tokoh Pejuang Masjid Dan Pembela Kaum Dhuafa Meninggal Dunia

DRS Anwar Bakti semasa masih hidup. Tokoh pejuang masjid dan kaum dhuafa ini meninggal dunia Senin (11/5) sekira pukul 23:30. Waspada/Ist
DRS Anwar Bakti semasa masih hidup. Tokoh pejuang masjid dan kaum dhuafa ini meninggal dunia Senin (11/5) sekira pukul 23:30. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Drs Anwar Bakti,55, staf Humas kampus UMSU, tokoh pejuang masjid dan pembela kaum dhuafa di Medan dan Sumatera Utara, Senin (11/5) sekira pukul 23:30 meninggal dunia di rumahnya Jl Bambu No 21 A/B Kelurahan Gaharu Kecamatan Medan Timur.

Tokoh pejuang masjid dan pembela kaum dhuafa itu meninggal dunia setelah mendadak sakit.

Almarhum meninggalkan tiga orang putra Caesar, Dewata Sakti dan Nabil.

Putra kedua almarhum brrnama Dewata Sakti menuturkan, pada malam itu ayahnya beranjak dari tempat duduk namun tiba-tiba saja terjatuh.

“Ayah terjatuh namun saya tahan dengan memegang kedua tangannya. Ayah langsung pingsan,” tutur Dewata.
Setelah itu, tambah Dewata, ayahnya tak sadarkan diri dan langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat.

“Sesampainya di rumah sakit, ayah sudah menghembuskan nafas terakhirnya,” ujar Dewata.

Jenazah Anwar Bakti akan dikebumikan di pekuburan muslim Jl. Sutomo Ujung Kel. Gaharu Kecamatan Medan Timur, persis di belakang rumah almarhum.

Pejuang Masjid

Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Medan Ustadz Rafdinal MAP menyebutkan bahwa almarhum adalah tokoh pejuang masjid dan kaum dhuafa di Kota Medan dan Sumatera Utara.

“Ormas Islam Kota Medan dan Sumut merasa kehilangan sosok yang enerjik dalam membela masjid dan kaum dhuafa,” kata Rafdinal, teman almarhum yang juga aktivis pembela masjid dan Ormas Islam ini.

“Beberapa masjid yang diinisiasi almarhun sudah berhasil dibangun dan dimakmurkannya,” sambungnya.

Menurut Rafdinal, sejak 2005, almarhum aktif membela perubuhan Masjid Al Ikhlas Jl. Timor Medan dan Masjid Raudhatul Islam di Jl. Yod Sudarso Gang Peringatan Kelurahan Silalas Kec. Medan Barat.

“Masih ada lagi 1 gagasan almarhum bersama IMM Fak Tehnik UMSU yang akan membangun masjid di Kec. STM Hulu Kab Deliserdang belum terealisasi karena almarhum telah dipanggil Sang Khalik,” tutur Rafdinal.

Dijelaskan Rafdinal, selain aktif bekerja di staf Humas UMSU,  setiap harinya almarhum selalu memakmurkan Mushola Taqwa.

Kemudian, melaksanakan gerakan subuh berjamaah dan wakaf Quran serta mengkordinir dan menyediakan menu untuk berbuka puasa bagi para musafir yang singgah di Mushola Taqwa.

Sebelum dikebumikan usia sholat zuhur setelah shalat jenazah di Mushola Taqwa.

Sejumlah jamaah Mushola Taqwa, tokoh pejuang dan pembela masjid serta aktivis kampus dan alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Medan terlihat hadir di rumah duka.

Seperti Amirsyam, Ir Khairi Amri Panglima Pembela Tanah Air (PETA) Sumut dan Mora Harahap dari DPP BM PAN Sumut. (m27)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2