Waspada
Waspada » Tingkatkan Pemahaman Tasawuf P2T Gelar Pengajian
Medan

Tingkatkan Pemahaman Tasawuf P2T Gelar Pengajian

KETUA P2T Sumut, Hj Hikmatul Fadhillah, SH MM bersama pengurus usai kegiatan pengajian belum lama ini. Waspada/Ist
KETUA P2T Sumut, Hj Hikmatul Fadhillah, SH MM bersama pengurus usai kegiatan pengajian belum lama ini. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Dalam rangka meningkatkan pengetahuan agama, khususnya ilmu tasawuf, maka Perempuan Pecinta Tauhid Tasawuf (P2T) Sumut diketuai Hj Hikmatul Fadhillah, SH MM, melaksanakan kegiatan pengajian.

Dalam suasana pandemi Covid-19, P2T melaksanakan kegiatan dengan jumlah terbatas sehingga ikut serta melaksanakan protokol kesehatan.

“Kegiatan pengajian tasawuf ini berlangsung di Posko Jalan Brigjen Katamso Lampu 1 Medan,” Kata Hj Hikmatul Fadhillah, Minggu (11/10).

Kegiatan hanya berlangsung dua kali dalam sebulan, di posko yang sudah berlangsung selama 6 bulan dan dilaksanakan pula di kecamatan dengan menghadirkan penceramah yang mengupas dan membahas terkait tasawuf.

“Intinya ilmu tasawuf itu sangat penting bagi setiap muslim, sebab ilmu tasawuf merupakan jalan menuju Allah. Tasawuf adalah ilmu yang sesuai dengan jalur Islam melalui pengalaman langsung sang Nyata dan bukan melalui lidah atau belajar dari buku. Dalam hal ini Tasawwuf adalah pelindung Tauhid: La ilaha illallah,” ungkapnya.

Maka visi dan misi P2T sejalan dengan Mursyid Abuya Syekh Haji Amran Waly Al Khalidi.

“Pengajian belum lama ini berlangsung di Posko Lampu 1 Medan, menghadirkan Al Ustad KH Khaidir Lc MA, sebelumnya H Husnan Malik. Saat kegiatan hadir pula khalifah dari Banda Aceh Tgk Abu Sukri Pango serta Tgk Wahyu Singkili. Sedangkan P2T, ada di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Batam, Jakarta, Sulawesi, Manado, Gorontalo dan Makasar, dan juga Singapura, Malaysia. Kegiatan juga sering dihadiri Penasehat P2T Sumut, Fahri Zaman dan Tgk DR Zainuddin, MA. Kegiatan di Posko Lampu 1 Medan sudah berlangsung 6 bulan lamanya,”ucap Hikmatul Fadhillah.

“Intinya kaum ibu sangat penting mengikuti pengajian tasawuf ini dalam rangka membangun kekuatan iman dan menjadi guru serta teladan bagi seluruh anggota keluarga, mengingat ibu adalah pendidik terbaik dalam rumah tangga,” lanjutnya dia.

Hal lain disampaikanya, manfaat mempelajari ilmu tasawuf antaranya, apabila dapat mengamalkan tasawuf dengan baik maka dapat mengendalikan emosionalnya dengan baik pula.

Tasawuf mengingatkan manusia tentang kemaitian, agar umat manusia selalu beribadah, beramal shaleh, serta menjauhi perbuatan maksiat dan kejahatan.

Kemudian, tasawuf ini sangat diperlukan agar umat islam bisa mengamalkan teori Islam secara kaffah dan juga untuk mengembangkan integrasi sosial dan kerukunan hidup dalam beragama serta bebangsa.

Sedangkan ulama di Sumut ikut mengajarkan dan belajar karena ini penting untuk menghilangkan nafsu yang mengakibatkan kemunduran Islam. (m22)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2