Tingkatkan Kualitas Guru B.Inggris, Cabdisdik Medan Utara Gandeng Pusat Bahasa USU

  • Bagikan
KEPALA Pusat Bahasa USU, Dra. Roma Ayuni A. Loebis, MA didampingi Kepala Cabdisdik Medan Utara, H. Sakti, SPd, MPd foto bersama dengan pejabat Cabdisdik Medan Utara. Waspada/ist
KEPALA Pusat Bahasa USU, Dra. Roma Ayuni A. Loebis, MA didampingi Kepala Cabdisdik Medan Utara, H. Sakti, SPd, MPd foto bersama dengan pejabat Cabdisdik Medan Utara. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Cabang Dinas Pendidikan (Cabdisdik) Medan Utara menjajaki kerjasama dengan Pusat Bahasa Universitas Sumatera Utara (USU) dalam rangka meningkatkan kompetensi bahasa asing bagi guru-guru SMA/SMK di wilayahnya.

“Saat ini baru tahap sosialisasi. Tahun depan kita rencanakan kursus atau privat kebahasaan bagi guru, terutama guru bahasa Inggris,” kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Medan Utara, H. Sakti, SPd, MPd usai menerima audensi Kepala Pusat Bahasa USU, Dra. Roma Ayuni A. Loebis, MA bersama rombongan, belum lama ini.

Menurut Sakti, guru bahasa Inggris berkualitas sangat penting untuk masa depan Sumatera Utara karena mereka dapat membekali siswa untuk berkiprah di dunia Internasional.

“Harapan saya seluruh guru di wilayah Medan Utara dapat mengikuti diklat atau privat kita rencanakan tahun depan terlaksana,” katanya didampingi Kasi SMA, Kasi SMK, dan sejumlah kepala SMK dan SLB serta SMK Pusat Unggulan.

Dia mengatakan, jika kerjasama ini sudah terwujud, ia percaya kompetensi guru-guru di Sumut akan siap menghadapi persaingan global. Tentu hal ini akan menular ke siswa untuk mampu berkompetisi dan bersaing di pasar global.

Sebab, sambungnya, khusus lulusan SMK selain dituntut memiliki keterampilan kejuruan juga harus mampu menguasai bahasa internasional yang selama ini menjadi program besar gubernur Sumatera Utara. Sakti mengakui, kesadaran para guru dan siswa terhadap pentingnya bahasa Inggris sudah sangat tinggi.

“Kemajuan SDM Sumut di dunia global tidak mungkin terjadi tanpa upaya peningkatan mutu para tenaga pendidiknya. Oleh karenanya, kami akan menggandeng Pusat Bahasa USU untuk berkontribusi secara nyata dalam mendorong peningkatan mutu tenaga pendidik, khususnya guru-guru Bahasa Inggris,” ujar Sakti .

Sementara itu, Kepala Pusat Bahasa USU, Dra. Roma Ayuni A. Loebis, MA mengatakan , Pusat Bahasa USU siap mendukung keinginan Cabdisdik Medan Utara dalam meningkatkan kualitas guru berbahasa asing.

“Kami merasa terhormat dapat mendukung Cabdisdik Medan Utara meningkatkan kualitas guru dalam berbahas asing,” sebut Roma. Katanya, Pusat Bahasa USU memiliki semua infrastruktur membantu Cabdisdik Medan menggelar diklat atau privat bagi guru-guru.

Roma mengatakan, di zaman globalisasi saat ini, kemampuan berbahasa asing menjadi sebuah kebutuhan. Sebab generasi muda bangsa ini bukan saja akan bersaing dengan sesama anak bangsa, melainkan juga dengan warga negara asing dalam mencari kerja.

“Itu sebabnya, sangat relevan jika pemerintah terus mendorong agar semua elemen bangsa ini belajar bahasa asing. Untuk membantu dan memotivasi peserta didik khususnya SMK , maka kualitas guru perlu ditingkatkan, “ sarannya.

Roma berharap, kehadiran Pusat Bahasa USU dapat membantu para guru lebih cepat menguasai bahasa asing. Dengan begitu, guru-guru juga dapat memotivasi siswanya agar bisa melihat dunia lebih luas, dengan mempelajari bahasa asing.

“Semoga kerjasama ini nantinya bisa membantu siswa di tingkat SMA dan SMK mewujudkan mimpi mereka untuk go international, ” katanya. (m19)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *