Timsel Serahkan 21 Nama Calon Anggota KPID Sumut

  • Bagikan
TIM Seleksi Calon Anggota Komisi Penyiaran Indonesia (KPID) Sumatera Utara periode 2021 – 2024 menyerahkan 21 nama calon anggota KPID Sumut periode 2021-2024 kepada Komisi A DPRD Provinsi Sumut, di Hotel Emerald Garden Medan, Selasa (7/12). Waspada/Ist
TIM Seleksi Calon Anggota Komisi Penyiaran Indonesia (KPID) Sumatera Utara periode 2021 – 2024 menyerahkan 21 nama calon anggota KPID Sumut periode 2021-2024 kepada Komisi A DPRD Provinsi Sumut, di Hotel Emerald Garden Medan, Selasa (7/12). Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota Komisi Penyiaran Indonesia (KPID) Sumatera Utara periode 2021 – 2024 menyerahkan 21 nama calon anggota KPID Sumut periode 2021-2024 kepada Komisi A DPRD Provinsi Sumut, di Hotel Emerald Garden Medan, Selasa (7/12).

Hadir dalam acara penyerahan nama itu anggota Komisi A DPRD Sumut, H. Rusdi Lubis, SH, MMA dan Abdul Rahim Siregar, ST, MT.

Ketua Tim Seleksi, Prof. Dr. Khairil Ansari, M.Pd melihat calon -calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Sumatera Utara terpilih sudah mewakili aspirasi masyarakat, baik dari kalangan akademisi, praktisi media siaran, hukum, politik, komunikasi dan manajemen.

“Kami pikir sudah lengkap latar belakang itu. Kemarin ada kekhawatiran dari masyarakat tidak ada calon dari kalangan penyiar. Ini ada penyiar yang bahkan sampai sekarang masih bersiaran. Jadi sudah lengkap”

Prof. Khairil melihat, ke depan dunia penyiaran akan meninggalkan sistem analog menuju sistem digital, sehingga diperlukan juga calon anggota KPID yang memperkuat pengawasan digitalisasi.

“Ada juga akademisi usia muda yang kita anggap mewakili golongan milenial yang akrab dengan dunia digital, selain yang berpengalaman jauh di bidang elektronik dan cetak”

Dengan diserahkannya 21 nama tersebut, maka berakhir juga masa tugas tim seleksi. Untuk selanjutnya, penyeleksian calon anggota KPID Sumut akan diteruskan oleh Komisi A DPRD Sumut berupa fit dan proper test.

Sekretaris Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumatera Utara, Mutia Atikah, SS, menyebutkan dari 50 orang yang mendaftar, yang lulus sebanyak 40 orang ditambah 2 orang petahana.

Selanjutnya 40 orang itu, tidak termasuk petahana, mengikuti uji tertulis dan didapat 33 orang yang lulus uji tersebut. Dari 33 semakin mengerucut untuk mengikuti tes psikologi di Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara.

“Dari 33 yang mengikuti tes psikologi, hanya 26 yang bisa dan lulus untuk ujian wawancara yang dilakukan di Hotel Emerald Garden, pada 4 Desember 2021 lalu. Dari sini timsel mengakumulasi jumlah perolehan peserta yang lulus untuk dibuat peringkat dan terpilih 19 orang yang lulus wawancara, ditambah 2 orang petahana, maka 21 orang dikirim untuk layak melanjutkan fit and proper test (oleh Komisi A DPRD Sumut) ”

Nantinya calon-calon komisioner yang lulus wawancara masih harus melewati uji publik lebih dulu selama 10 hari kerja. Masyarakat dipersilahkan untuk memberikan masukan, dukungan atau keberatan kepada 21 peserta ini berupa surat kepada Komisi A DPRD Sumut.

Mutia menegaskan baik petahana maupun peserta yang baru mempunyai kesempatan sama besar untuk menjabat komisioner.

“Kalau memang punya kemampuan dan capable dengan visi dan misinya juga kemampuan di bidang penyiarannya meyakinkan saat fit dan proper test, tidak menutup kemungkinan siapapun bisa menjadi Komisioner KPID Provinsi Sumatera Utara”

Terakhir, Mutia yang juga saat ini masih menjabat sebagai Ketua KPID Provinsi Sumatera Utara berharap KPID nanti diisi oleh orang-orang yang mau bekerja penuh dan menuangkan pemikirannya secara betul-betul untuk kepentingan penyiaran.

“Jadi semua kemampuannya dimaksimalkan untuk kepentingan penyiaran. Punya pola pikir untuk memajukan penyiaran Sumatera Utara menghadapi tantangan lebih besar di era adigitalisasi dan alih teknologi. Minimal punya visi misi dan mau berbuat”, pungkas Mutia.

Adapun nama-nama calon Anggota KPID Provsu dapat dilihat dan diunduh di laman Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Sumatera Utara.

Berikut nama-nama calon anggota KPID Sumut periode 2021-2024 yang dikirim kepada DPRD Sumut.

  1. Ahmad Zainal Lubis S.Pd
  2. Anggia Ramadhan SE M.Si
  3. Ara Auza S.Sos, M.I.Kom
  4. Dearlina Sinaga Dr, SE, MM
  5. Eddy Irawan S Sos
  6. Edwar S.Sos
  7. Edward Fransisco Bangun S.Sn
  8. Ayu Kesuma Ningtyas Dra
  9. Mekar Sinurat SH
  10. Mifta Aulia SH
  11. Muhammad Hidayat S.Sos, MA
  12. Muhammad Ludfan S.Sos
  13. Nurhasanah Nasution S.Sos, M.I.Kom
  14. Robinson Simbolon
  15. Topan Bilardo Marpaung Dr
  16. Toyib Prasetiyo M.I.Kom
  17. Tua Abel Sirait Drs
  18. Valdezs Juniarto Nainggolan S.Sos, MSP
  19. Viona Sekar Bayu S.Kom
  20. Drs Muhammad Sahrir M.I.Kom
  21. Ramses Simanullang SE, M.Si (cpb/A)
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *