Tim PKM UMA Edukasi Santri Dan Renovasi Pondok Pesantren Hidayatullah

Tim PKM UMA Edukasi Santri Dan Renovasi Pondok Pesantren Hidayatullah

  • Bagikan
TIM dosen UMA yang melakukan PKM di Pondok Pesantren Hidayatullah. Waspada/ist
TIM dosen UMA yang melakukan PKM di Pondok Pesantren Hidayatullah. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Dosen Universitas Medan Area (UMA) melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat(PKM) di Pondok Pesantren Hidayatullah di Desa Bandar Labuhan, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten DeliSerdang.

Selain memotivasi para santri, Tim PKM UMA terdiri dari , Aulia Muflih Nasution, ST, MSc, Yunita Syafitri Rambe, ST, MT, dan Ir. Nurmaidah, MT juga melakukan renovasi di sejumlah bangunan pondok pesantren tersebut, antara lain merenovasi ruang mandi/penampungan air untuk siswa atau santri pria.

Aulia Muflih Nasution, ST, MSc mengatakan, peningkatan sarana dan prasarana pondok pesantren merupakan salah satu hal yang dapat meningkatkan motivasi, semangat belajar dan keterampilan dari siswa. Tim Pelaksana juga melibatkan mahasiswa program studi arsitektur, agarmahasiswa ini dapat mengambil pengalaman dari kegiatan PKM ini.

Dari diskusi yang dilakukan dengan pihak Yayasan Pondok Pesantren hal yang cukup mendesak untuk dapat diperbaiki adalah ruang mandi/penampungan air untuk siswa atau santri pria. Oleh karena itu tim pelaksana memutuskan untuk segera merenovasinya.“Proses renovasi dilakukan 15-30 September 2021 dengan langsung melakukan pekerjaan renovasi pada ruang mandi tersebut,” Kata Aulia.

Dosen Fakultas Teknik Program Studi Arsitektur UMA ini mengatakan, dengan adanya hibah pengabdian kepada masyarakat melalui DIYA Universitas Medan Area ini, kita dapat menggapai segala macam lini pembangunan masyarakat, terutama dalam mendukung meningkatkan pendidikan dari masyarakat.

Contohnya dengan mendukung peningkatan sarana dan prasarana pondok pesantren ini.Aulia juga mengatakan, renovasi ini dilakukan bukan hanya dengan hibah bantuan dari UMA, tetapi juga berkat keringanan tangan dari donator-donatur yang ingin menyalurkan sedikit rezekinya ke hal-hal yang bermanfaat dan langsung ke sasarannya. Jadi, hibah bantuan UMA ini membuka jalan untuk pihak yang lain dapat berkontribusi juga.

Ustad Ali Ibrahim Akbar, MPd selaku ketua dari Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah merasa sangat bersyukur dengan adanya pengabdian kepada masyarakat ini. Sehingga pelan-pelan cita-cita untuk menghadirkan sarana prasana yang lebih baik dapat cepat terwujud, dan berterima kasih dengan adanya hibah bantuan dari UMA yang disalurkan oleh dosen-dosennya ini. “Terima kasih kepada UMA telah merenovasi ruang mandi/penampungan air di pondok pasantren ini. Semoga program seperti ini, dapat disalurkan ke lebih banyak pihak,” ungkap Ustad Ali. (m19)

  • Bagikan