Waspada
Waspada » Tim Pengabdian Masyarakat Polmed Latih UMKM Kuliner Berbahasa Inggris
Medan

Tim Pengabdian Masyarakat Polmed Latih UMKM Kuliner Berbahasa Inggris

TIM Pengabdian Masyarakat Polmed berfoto bersama peserta usai kegiatan. Tim Pengabdian Masyarakat Polmed latih UMKM kuliner Berbahasa Inggris. Waspada/ist
TIM Pengabdian Masyarakat Polmed berfoto bersama peserta usai kegiatan. Tim Pengabdian Masyarakat Polmed latih UMKM kuliner Berbahasa Inggris. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Tim Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Medan (Polmed) melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM), dengan kegiatan latih Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) kuliner berbahasa Inggris.

Tim Pengabdian Masyarakat Polmed latih UMKM Kuliner berbahasa Inggris dengan topik English Public Speaking bertemakan Culinary, di Desa Namombelin, Kecamatan Namorambe Deliserdang.  Kegiatan berlangsung sejak November hingga bulan Desember mendatang.

Hal ini disampaikan Ketua PKM, Dra Ratna Dewi M Hum, Bidang Keahlian Bahasa Inggris Prodi MICE Rabu (11/11) bersama Dra Ermyna Seri M Hum Anggota Bidang Keahlian Menejemen Prodi Akutansi.

Suri Purnami SE MA, Anggota Bidang Keahlian Ekonomi Pembangunan Prodi Administrasi Bisnis dan Hary Sandy Hutabarat, Amd T Anggota Ilmu Komputer.

Dalam keteranganya, Dra. Ratna Dewi M.Hum menyebutkan, sasaran dalam Pengabdian Pada Masyarakat, Komunitas UMKM Kuliner, dengan 10 peserta di Perumahan Pondok Mansion Blok K 17, Desa Namombelin Kecamatan Kecamatan Namorambe dengan mitra yang terlibat Komunitas UMKM Eco Health Tourism.

Nah, masalah yang ditemukan pada umumnya komunitas UMKM memiliki ekonomi yang sangat terbatas, khususnya masyarakat yang berkeinginan meningkatkan taraf hidup, tapi memiliki modal yang sangat kecil untuk berkembang,” katanya.

Tak Berdaya

Sementara fenomena yang terjadi karena dampak pandemi, semakin tak berdaya untuk dapat bergerak maju ke usaha kecil menengah.

“Oleh sebab itu, tim Pengabdian Masyarakat Polmed melatih bahasa Inggris dengan topik Public Speaking dengan tema Culinary (kuliner),” papar Ratna Dewi.

Hal itu, sambung dia, sangat penting mengingat, UMKM dalam masa pandemi ini hanya kuliner yang dapat diandalkan, dengan tujuan dapat dipasarkan secara langsung ke pelanggan dengan cara menggunakan sosial media: Facebook, Instagram dan You tube.

Maka sangatlah perlu mampu menguasai, Public Speaking, salah satu ketrampilan yang harus dimiliki, yaitu: Story Telling.

Dengan menguasai Story Telling UMKM akan mampu untuk bercerita tentang produk yang akan dipasarkan.

Selanjutnya, dengan isu yang telah disampaikan oleh Kadin Medan untuk naik kelas sangatlah perlu menguasai bahasa Inggris, khususnya di masa Pandemi virus Covid-19 ini.

Saat pelatihan English Public Speaking dibuka Ketua Pengabdian Dra Ratna Dewi M Hum.

Pembicara Dr T Yohana SP THT KL tentang perjalanan kuliner di Belanda.

Dra Ermyna Seri M Hum terkait pengembangan kepribadian, sedangkan moderator Suri Purnami, SEMA. (m22)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2